Sebanyak 48 pasien COVID-19 di Kota Batu dinyatakan sembuh

Sebanyak 48 pasien COVID-19 di Kota Batu dinyatakan sembuh

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (kanan) pada saat berada di Hotel Mutiara Baru, Jumat (17/7/2020) yang dipergunakan untuk isolasi pasien positif COVID-19. (ANTARA/HO-Humas Setda Kota Batu/VFT)

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 48 orang pasien positif COVID-19 di Kota Batu, Jawa Timur, pada Jumat (17/7), dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah, usai menjalani isolasi pada tempat-tempat yang disiapkan oleh pemerintah daerah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan  dari total 48 orang yang dinyatakan sembuh tersebut, sebanyak 30 orang melakukan isolasi di Hotel Mutiara Baru, dan sisanya melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama kurang lebih 14 hari.

"Hari ini ada 48 orang warga Kota Batu yang dinyatakan sembuh. Ini semua berkat kerja sama, terutama warga Kota Batu yang terkonfirmasi positif, dan mau melakukan protokol kesehatan," kata Dewanti, di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat.

Dewanti menambahkan, bagi warga yang telah menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh, diharapkan mampu memberikan edukasi kepada warga lain yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing.

Baca juga: Dua tenaga kesehatan di Garut sembuh dari COVID-19

Edukasi terkait penerapan protokol kesehatan, dan mengikuti anjuran pemerintah, merupakan salah satu kunci utama untuk menekan penyebaran virus Corona. Dewanti mengharapkan, agar pasien yang dinyatakan sembuh juga bisa memberikan semangat kepada warga agar terus disiplin.

"Kuncinya adalah disiplin, tidak ada yang lain kecuali mentaati protokol kesehatan," ujar Dewanti.

Dewanti berharap, tidak ada lagi penambahan kasus positif COVID-19 di wilayah Kota Batu. Jika sudah tidak ada lagi penambahan kasus positif, maka masyarakat akan bisa beraktivitas seperti biasa, namun tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dewanti mengingatkan, bagi warga Kota Batu yang hingga saat ini masih harus berjuang melawan COVID-19, diharapkan bisa terus berpikir positif. Karena, dengan berpikir positif dan memiliki semangat untuk sembuh, maka akan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Sumut bertambah jadi 655 orang

"Selain punya semangat untuk berpikir positif, kami juga memberikan fasilitas, dan memenuhi gizi, serta vitamin untuk para pasien setiap harinya," kata Dewanti.

Meskipun pasien yang dinyatakan sembuh bertambah cukup banyak, Dewanti menegaskan agar warga Kota Batu terus mentaati protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan berolah raga.

Tercatat, di Kota Batu, hingga saat ini ada 140 kasus positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 73 orang dinyatakan sembuh, tujuh orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam perawatan.

Baca juga: Gugus Tugas Karawang: Tujuh orang positif COVID-19 sembuh
Baca juga: Dari 83.130 total kasus COVID-19, pasien sembuh 41.834 orang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Epidemiologi ungkap 80 persen pasien adalah OTG dan bergejala ringan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar