Liga 1 Indonesia

Arema FC terima kebijakan LIB soal subsidi Liga 1 di masa pandemi

Arema FC terima kebijakan LIB soal subsidi Liga 1 di masa pandemi

Logo Klub Arema FC. (ANTARA/HO-Wikipedia)

Jakarta (ANTARA) - General Manager klub Arema FC Ruddy Widodo mengatakan bahwa pihaknya menerima kebijakan PT Liga Indonesia Baru (LIB) soal subsidi untuk tim-tim Liga 1 2020 di masa pandemi COVID-19.

Ruddy mengatakan kepada Antara di Jakarta, Jumat, keinginan LIB untuk memberikan subsidi sebesar Rp800 juta perbulan kepada setiap klub Liga 1 mulai bulan September 2020 adalah jalan terbaik saat ini.

"Jumlah Rp800 juta itu, kan, artinya naik hampir seratus persen dari sebelumnya Rp520 juta. Kalau ngomong berat, ya, berat. Kalau kurang, pasti kurang. Namun, kami harus bersyukur. Yang penting, liga bisa terus berjalan," ujar dia.

Baca juga: LIB berkomitmen berikan subsidi Rp800 juta per bulan untuk klub Liga 1

LIB melalui direktur operasionalnya Sudjarno mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan subsidi Rp800 juta perbulan kepada setiap tim Liga 1 pada lanjutan kompetisi mulai bulan September 2020, atau satu bulan sebelum 'kick off' lanjutan Liga 1, sampai Februari 2021.

Jumlah itu sesuai rencana yang pernah dipaparkan saat LIB dan PSSI bertemu secara virtual dengan klub-klub Liga 1 pada awal Juni 2020.

PT LIB sudah memaparkan perihal subsidi Rp800 juta perbulan dalam pertemuan dengan klub-klub Liga 1 secara virtual, Jumat (17/7).

Baca juga: Klub-klub Liga 1 sambut baik cairnya subsidi termin kedua dari LIB

Meski demikian, besaran subsidi terkini masih akan didiskusikan dengan pihak klub pada rapat berikutnya yang rencananya berlangsung pada Senin (27/7).

Namun, Sudjarno mengisyarakatkan bahwa pihaknya tidak bisa memberikan subsidi untuk bulan April sampai Juni 2020, saat di mana klub diwajibkan PSSI menggaji pemain dan pelatihnya meski kompetisi diliburkan karena pandemi COVID-19.

Baca juga: PSSI persilakan klub potong gaji pemain dan pelatih pada lanjutan liga

Alasannya, subsidi hanya dapat dibayar ketika pertandingan bergulir. Hal ini juga terkait sponsor dan lain-lain.

Ruddy Widodo sendiri memaklumi hal tersebut. Dia berharap klub-klub lain juga demikian.

"Keadaan kemarin, kan, force majeure. Jadi sebenarnya harus tahu sama tahu. Kita sama-sama berkorban untuk kompetisi," tutur Ruddy.

Baca juga: Klub-klub Liga 2 desak LIB bayar subsidi April-Juni 2020
Baca juga: LIB kebut penyelesaian teknis lanjutan liga
Baca juga: PSSI segera koordinasi dengan tim-tim yang keberatan lanjutkan Liga 1

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Peluncuran tim Arema FC usung misi juara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar