Jaringan Telkomsel saat ini kembali melalui akses fiber optik
Makassar (ANTARA) - PT Telkomsel memberikan fasilitas layanan telepon dan SMS gratis kepada warga terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan seiring dengan telah pulihnya 100 persen jaringan telekomunikasi.

"Layanan Telkomsel telah dapat dinikmati dengan normal baik untuk panggilan suara, SMS dan internet," kata General Manager Network Operation dan Quality Management Telkomsel Regional Sulawesi, Muhammad Idham Kadir di Makassar, Sabtu.

Baca juga: 90 persen jaringan Telkomsel pulih di Masamba Luwu Utara

Untuk itu, demi kelancaran upaya pemulihan wilayah bencana, mulai 17-23 Juli 2020, Telkomsel memberikan layanan telepon gratis 50 menit dan 250 SMS gratis ke semua operator.

Layanan gratis ini dapat di akses melalui UMB *888*20# atau dengan mengirimkan pesan singkat LUWU ke 8999 dan dapat diaktifkan oleh pelanggan simPATI, KartuAS dan LOOP yang saat ini berada di Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

Baca juga: Jaringan telekomunikasi Telkomsel di Masamba berangsur membaik

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan bekerja keras dalam pemulihan jaringan Telkomsel di Masamba. Ada 69 Site Telkomsel yang telah didukung teknologi 4G dan tersebar di sembilan kecamatan di Luwu Utara, kini pulih 100 persen," katanya.

Selain itu, Telkomsel terus melakukan monitoring terhadap site yang ada di Masamba dan wilayah sekitarnya yang terdampak, dengan menyediakan genset untuk catu daya dan personel teknis di setiap site.

Baca juga: BNPB: Banjir Luwu Utara belum berstatus bencana nasional

Baca juga: BNPB beberkan dugaan penyebab banjir bandang Luwu Utara


"Jaringan Telkomsel saat ini kembali melalui akses fiber optik namun kami juga mem- back up dengan teknologi IP Radio sehingga layanan kami dapat terus hadir untuk pelanggan," tambah Idham.

Pihaknya juga secara bertahap menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak dalam pendistribusiannya akan bekerja sama dengan mitra.

"Selain itu, Telkomsel bersama Rumah Zakat akan memberikan donasi senilai 20 juta dengan mengajak pelanggan melalui penukaran 10 Telkomsel POIN hingga 16 Agustus 2020, dengan mengetik SMS : MASAMBA ke 777," katanya.

Baca juga: Banjir bandang di Luwu Utara akibatkan 223 rumah rusak berat
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020