Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong seluruh elemen suporter di Tanah Air untuk berpartisipasi dalam menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 yang akan digelar tahun depan.

"Suporter memiliki peran besar terhadap sepakbola Indonesia, apalagi akan menghadapi Piala Dunia U-20 2021 dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah. Di Piala Dunia U-20 2021 nanti, suporter menjadi bagian yang penting," ujar Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Zainudin saat menutup kegiatan pelatihan manajemen suporter pada Jumat (17/7). Menpora mengatakan salah satu elemen penting dalam menyukseskan gelaran akbar ini yakni manajemen suporter.

Sepak bola Indonesia yang dikenal dengan suporter fanatiknya memiliki dua sisi yang bersinggungan. Di satu sisi, apabila manajemen suporter bisa dikelola dengan baik maka akan menjadi sebuah kekuatan besar bagi Indonesia.

Sebaliknya, jika tak dikelola dengan baik, maka kefanatikan yang terakumulasi dalam semangat negatif bakal membuat citra pesepakbolaan di Indonesia dipandang sebelah mata.

Baca juga: Pemerintah dan PSSI intensifkan persiapan Piala Dunia U-20
Baca juga: Indonesia bidik 16 besar Piala Dunia U-20


"Saya berharap suporter bola bisa menunjukkan fanatismenya secara elegan dan sesuai ketentuan FIFA. Tentunya dengan catatan kita berharap di tahun depan kondisi COVID-19 sudah membaik sehingga laga Piala Dunia bisa disaksikan langsung suporter," kata dia.

Menpora juga menjelaskan perkembangan sepakbola di Indonesia dipantau oleh FIFA. Indonesia dianggap menjadi salah satu negara yang sangat serius untuk membangun sepak bolanya. Sehingga Indonesia yang dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Kenapa kita yang dipilih, satu poin penting yang dinilai oleh FIFA karena ada jaminan dari pemerintah. Pak Presiden mengirim surat langsung kepada Presiden FIFA. Selain itu ada juga garansi dari pemerintah beberapa menteri yang mengirim surat kepada FIFA dan itu yang membuat Indonesia akhirnya terpilih," kata dia.

Perwakilan tim dan suporter yang hadir dalam acara tersebut di antaranya suporter Barito Putra, Persija, The Jakmania, Viking, Persija Foundation, Singamania Sriwijaya FC, Persebaya, Bhayangkara FC, Tira Persikabo, Asprov PSSI Jabar.

Pendiri Jakmania Ferry Indrasjarief merespon positif dengan kegiatan yang diselenggarakan Kemenpora ini. Menurutnya banyak informasi baru untuk suporter baik itu terkait regulasi atau yang lain.

"Ini positif, sosialisasi diperluas, terima kasih sekali atas perhatian terhadap sepakbola yang lebih pada tindakan preventif, semoga ke depan bisa ketemu langsung duduk bareng, Pak Menpora, Pak Ketum PSSI dengan teman-teman dan adik-adik suporter, biar lebih nyaman dan cara-cara seperti ini jauh lebih mengena," kata Ferry.

Baca juga: Gubernur harapkan Stadion Jakabaring prioritas di Piala Dunia U-20
Baca juga: Shin Tae-yong bersurat ke PSSI pastikan segera kembali ke Indonesia
Baca juga: Kemenpora siap bantu PSSI jika ada kendala datangkan Shin Tae-yong

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020