Sepak Bola Nasional

Bima Sakti apresiasi adaptasi pemain termuda di timnas U-16

Bima Sakti apresiasi adaptasi pemain termuda di timnas U-16

Foto ilustrasi: Timnas U-16 Indonesia berfoto dengan pelatih dan ofisial usai mengikuti latihan di Lapangan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/12/2019). Latihan tersebut guna mempersiapkan laga uji coba melawan timnas U-16 India sekaligus persiapan Piala AFF U-16 dan Piala Asia yang berlangsung pada September 2020. ANTARA FOTO/Risky Andrianto/pras.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti mengapresiasi proses adaptasi pemain termuda di skuatnya yaitu Krisna Sulistia.

"Alhamdulillah Krisna bisa beradaptasi. Dia bisa dekat dengan pemain lain meski agak pemalu karena dia pemain termuda," ujar Bima dalam pertemuan virtual yang diikuti di Jakarta, Sabtu.

Menurut Bima, dirinya melakukan beberapa cara untuk membuat pesepak bola kelahiran 31 Mei 2006 itu merasa nyaman berada di skuat.

Mulai dari mempersilakan Krisna memilih sendiri rekan sekamarnya. Pencetak gol terbanyak di Piala Soeratin U-15 tahun 2019 itu juga diminta berganti-ganti rekan semeja setiap kali makan.

"Secara fisik dia tidak ada masalah. Hanya mungkin soal komunikasi dengan pemain lain. Jadi dia harus bisa berbaur," tutur Bima.

Baca juga: Timnas U-16 akan hadapi dua tim lokal dalam uji coba

Krisna Sulistia tergolong pemain baru di skuat timnas U-16 yang saat ini melakukan pemusatan latihan (TC) di Bekasi.

Nama Krisna pertama kali masuk dalam daftar pemain timnas U-16 saat TC di Bekasi pada 9-20 Maret 2020. Akan tetapi, TC itu hanya dilaksanakan sampai tanggal 16 Maret 2020 karena pandemi COVID-19 melanda Tanah Air.

Krisna dilirik oleh Bima Sakti setelah menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen sepak bola remaja nasional Piala Soeratin kategori usia U-15 pada tahun 2019. Saat itu, pemain kelahiran Pati itu melesakkan enam gol dan membawa timnya Gabsis Sambas ke peringkat kedua turnamen.

Bakatnya yang menonjol juga membuat Krisna menjadi bagian dari Garuda Select. Dia seharusnya berangkat ke Inggris pada awal April 2020 untuk bergabung dengan tim Garuda Select jilid II. Namun, rencana itu tidak bisa terlaksana akibat pandemi.

Baca juga: Ketum PSSI ingatkan timnas U-16 terus jaga kesehatan saat TC
Baca juga: Pelatih berikan beragam hiburan bagi timnas U-16 atasi tekanan pandemi


Timnas U-16 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, yang berlangsung pada 6-29 Juli 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 26 pemain.

Skuat belia Garuda tersebut tengah disiapkan untuk berlaga di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Di kejuaraan itu, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12).

Baca juga: Bima Sakti: tim Piala Asia U-16 terbentuk Oktober atau November 2020
Baca juga: Timnas U-16 ingin hadapi Korut, Korsel, dan Yordania
Baca juga: Bima Sakti butuh pemain bermental tangguh untuk Piala Asia U-16

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta pemain Timnas U-16 jaga gaya hidup

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar