Formula 1

Hamilton raih pole position ke-90 di Grand Prix Hungaria

Hamilton raih pole position ke-90 di Grand Prix Hungaria

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton memacu kecepatan mobilnya saat latihan sebelum babak kualifikasi F1 Grand Prix Hongaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Hongaria, Sabtu (18/7/2020). ANTARA FOTO/Darco Bandic/Pool via REUTERS/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton meraih pole position ke-90 sepanjang kariernya setelah menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Sabtu.

Juara dunia enam kali itu sedang mengincar kemenangan kedelapannya di Hungaroring untuk menyamai raihan Michael Schumacher sebagai pemegang rekor juara Grand Prix di sirkuit yang sama. Schumi di eranya mendominasi Grand Prix Prancis di Sirkuit Magny-Cours.

Pemuncak klasemen sementara, Valtteri Bottas terpaut 0,107 dan finis P2 di kualifikasi untuk mengamankan dua posisi start terdepan bagi Mercedes, demikian laman resmi F1.

Baca juga: Bottas ungguli Hamilton di sesi latihan terakhir GP Hungaria

Di belakang mobil W11 dengan livery hitam itu, terdapat dua mobil Racing Point yang dikendarai oleh Lance Stroll dan Sergio Perez di start balapan Minggu nanti.

Hamilton memecahkan rekor lap sirkuit di awal sesi, dan walaupun Hungaroring sempat basah ketika gerimis tiba, namun hujan yang diprediksi tidak jadi turun dan pebalap asal Inggris itu mampu memperbaiki catatan waktunya jelang akhir kualifikasi.

Performa Ferrari lebih baik ketimbang di Austria pekan lalu dengan Sebastian Vettel mengamankan P5, posisi start terbaik tim itu musim ini, sekitar 0,05 detik dari rekan satu timnya, Charles Leclerc yang finis P6.

Baca juga: Duet Mercedes tercepat dalam sesi latihan bebas pertama GP Hungaria

Sementara itu, Red Bull kewalahan di Budapest, karena Max Verstappen hanya mampu start dari P7, posisi terburuknya di Q3 sejak Grand Prix Belgia 2018.

Rekan satu timnya, Alexander Albon bahkan tidak mampu lolos ke Q3 dan akan start dari P13.

Lando Norri dan Carlos Sainz kembali membuktikan daya saing McLaren di saat keduanya lolos ke Q3 untuk mengamankan P8 dan P9 di depan Pierre Gasly yang memilih tidak mencatatkan waktu karena mengalami masalah mesin di sesi tersebut.

Baca juga: Vettel jinakkan trek basah Hungaroring untuk puncaki FP2 GP Hungaria

Hasil kualifikasi GP Hungaria


Baca juga: Juara GP Styria, Hamilton semakin dekati rekor Schumacher
Baca juga: Hamilton incar rekor selanjutnya di Grand Prix Hungaria
Baca juga: Delapan gelar juara dunia bagi Hamilton itu mudah, kata Prost

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar