Jakarta (ANTARA) - Burnley menjaga asa tampil di kompetisi Eropa musim depan seusai menang 2-0 atas tuan rumah Norwich City yang harus menyelesaikan pertandingan dengan sembilan pemain dalam laga pekan ke-37 Liga Inggris tanpa pemain di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Carrow Road, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Setelah Emiliano Buendia dan Josip Drmic, Burnley baru bisa mencetak gol melalui Chris Wood serta memaksa Ben Godfrey melakukan gol bunuh diri untuk memastikan kemenangan dari laga tersebut.

Hasil itu membuat pasukan Sean Dyche sementara naik ke urutan kesembilan klasemen dengan koleksi 54 poin, atau hanya terpaut dua poin dari zona Eropa.

Sedangkan Norwich (21) yang sudah terdegradasi sejak beberapa pekan lalu dipastikan akan menutup musim sebagai juru kunci klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Terdegradasi, kapten Norwich minta maaf ke suporter

Kendati sudah terdegradasi, Norwich tampak memasuki pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Premier --setidaknya untuk setahun ke depan-- dengan inisiatif menyerang dan hampir membuka keunggulan pada menit ke-20 ketika Godfrey menyambut bola sepak pojok hanya untuk ditepis oleh kiper Nick Pope.

Bola pantul berusaha disambar oleh Alexander Tettey, tetapi kali ini James Tarkowski pasang badang untuk melakukan halauan mengamankan gawang Burnley.

Burnley perlahan mengimbangi permainan tuan rumah dan mendapat keuntungan besar ketika Buendia diganjar kartu merah oleh wasit Kevin Friend pada menit ke-35, karena dianggap sengaja mengayunkan lengan dan mengenai leher Ashley Westwood.

Keuntungan jumlah pemain mulai dimanfaatkan Burnley tetapi tembakan Chris Wood berhasil dihalau bek Maximillian Aarons sedangkan tembakan Jay Rodriguez bisa ditepis oleh kiper Tim Krul.

Krul kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tendangan bebas Dwight McNeil yang arahnya berbelok setelah mengenai badan Onel Hernandez.

Petaka bagi Norwich kian memburuk ketika mereka harus melanjutkan pertandingan dengan sembilan pemain saja, menyusul kartu merah untuk Drmic yang dianggap melakukan pelanggaran berbahaya terhadap Erik Pieters pada menit ketiga injury time.

Baca juga: Klopp komentari hasil imbang bak Liverpool vs Nick Pope

Melawan sembilan pemain, Burnley akhirnya membuka keunggulan untuk menutup babak pertama dengan skor 1-0 ketika Wood melakukan tembakan akrobatik menyambut umpan silang Johann Berg Gudmundsson demi menaklukkan Krul.

Babak kedua berjalan sangat timpang, sebagaimana jumlah pemain tetapi Burnley baru bisa menambah keunggulan pada menit ke-80 ketika umpan silang Pieters berusaha dihalau Godfrey tetapi bola malah bersarang ke dalam gawang Norwich sendiri.

Lima menit kemudian, Norwich mendapat kesempatan jarang-jarang ketika umpan jauh berhasil dikejar Onel Hernandez tetapi tembakannya masih bisa dihentikan oleh Pope, yang kini sudah punya catatan nirbobol 15 laga dan jadi pesaing serius untuk Sarung Tangan Emas Liga Premier.

Dalam laga pemungkas yang berlangsung serempak pada Minggu (26/7), Norwich akan bertandang ke markas Manchester City, sedangkan Burnley menjamu Brighton & Hove Albion di Turf Moor.

Baca juga: Bos Southampton kaget dengan situasi Bournemouth saat ini
Baca juga: Tielemans tegaskan nasib Leicester ada di tangan sendiri


Susunan pemain:

Norwich City (4-2-3-1): Tim Krul; Maximillian Aarons, Ben Godfrey, Timm Klose (Christoph Zimmermann), Jamal Lewis; Alexander Tettey (Mario Vrancic), Kenny McLean; Todd Cantwell (Lukas Rupp), Emiliano Buendia, Onel Hernandez (Adam Idah); Josip Drmic
Pelatih: Daniel Farke

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Phillip Bardsley, Kevin Long, James Tarkowski, Erik Pieters; Johann Berg Gudmundsson (Robbie Brady), Ashley Westwood, Josh Brownhill, Dwight McNeil; Chris Wood (Matej Vydra), Jay Rodriguez
Pelatih: Sean Dyche

Baca juga: Mourinho tak peduli rekor, hanya ingin tiga poin kontra Leicester
Baca juga: Leeds kembali ke Liga Premier setelah absen 16 tahun

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020