Pada dasarnya seluruh pintu masuk ke Bintan sudah disiapkan untuk steril daei COVID-19 melalui berbagai lapisan protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Wisata di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, menyiapkan berbagai protokol kesehatan untuk menyambut kembali aktivitas perekonomian di sektor pariwisata.

"Pada dasarnya seluruh pintu masuk ke Bintan sudah disiapkan untuk steril dari COVID-19 melalui berbagai lapisan protokol kesehatan," kata Bupati Bintan, Provinsi Kepulauan Riau Apri Sujadi dalam diskusi virtual BNPB yang diikuti Antara di Jakarta, Minggu.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kasus COVID-19 sendiri di Kepulauan Riau sudah di angka "0" atau sudah tidak ada lagi pasien.

"Memang pada saat itu pernah ada yang indikasi positif, tapi sekarang sudah tidak ada lagi," katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Group General Manager Bintan Resort Abdul Wahab mengatakan dampak pandemi memang memukul keras di sektor pariwisata.

Januari 2020 sebelum masa pandemi, ia menjelaskan Bintan telah didatangi oleh 90.000 wisatawan. Namun, pada saat pandemi hanya tinggal puluhan saja.

Perkembangan pada saat ini ia menjelaskan Bintan sendiri sudah siap menerima wisatawan kembali dengan persyaratan kesehatan yang ketat.

"Termasuk para pegawai sendiri, setiap hari kami cek dan pastikan keadaannya. Selain itu, setiap pendatang juga harus dicek suhu tubuh dan keadaannya," kata Abdul.

Baca juga: Tinjau keramba di Bintan, Luhut - Edhy dorong peningkatan ekspor ikan
Baca juga: Luhut telepon Menlu Singapura terkait pariwisata Lagoi di Bintan

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020