Jakarta (ANTARA) - Leeds United baru saja mencapai base camp setelah memastikan promosi ke Liga Premier Inggris, namun visi mereka adalah kembali ke Liga Champions pada musim-musim mendatang, kata kepala eksekutif Angus Kinnear.

Leeds promosi ke Liga Premier pada Jumat setelah kekalahan tim urutan kedua West Bromwich Albion di Huddersfield Town sebelum dikonfirmasi sebagai juara berkat kekalahan Brentford oleh Stoke City pada Sabtu.

Dikutip dari Reuters, Minggu, Leeds berlaga di sepak bola Eropa lima musim berturut-turut antara 1998 hingga 2003 dan mencapai semifinal Liga Champions pada 2001. Kinnear, yang bergabung pada 2017, yakin klubnya harus berusaha untuk mencapai setinggi itu sekali lagi.

Baca juga: Leeds kembali ke Liga Premier setelah absen 16 tahun
Baca juga: Bek legendaris Inggris dan Leeds United Jack Charlton meninggal dunia


"Sementara kita merayakan, kita semua sangat bersemangat, kita harus kembali ke tempat kita berada. Ini sesungguhnya adalah base camp untuk Leeds," kata Kinnear.

"Sekarang akan benar-benar membangun di atas itu dan memastikan bahwa dalam beberapa tahun ke depan kita mulai untuk berkompetisi pada level seharusnya Leeds berada, yang akhirnya adalah enam teratas"

"Leeds seharusnya tim Liga Premier. Terus terang, Leeds seharusnya tim Liga Champions dan itulah visinya."

Juara Inggris tiga kali Leeds terdegradasi dari Liga Premier pada 2004 dan berjuang untuk bersaing meraih promosi hingga kedatangan Marcelo Bielsa pada 2018.

Kontrak Bielsa akan habis pada akhir musim ini, namun Kinnear yakin mantan pelatih Argentina itu adalah untuk jangka panjang.

Baca juga: Aston Villa akan mati-matian agar tetap di Liga Premier

"Ia mempunyai ulasan ia tahu arah yang ia inginkan untuk membawa klub," kata kepada Leeds tersebut. "Tantangan bersama Marcelo adalah niatnya selalu agak misteri...mungkin dia jatuh cinta pada klub ini. Saya kira ia berkomitmen untuk itu."

Striker Patrick Bamford mengatakan pencapaian klub belum sepenuhnya mereda, sementara kapten Liam Cooper memuji rekan-rekan setimnya karena penampilan yang menjadi teladan sepanjang musim.

"Orang-orang telah mengatakan kami akan mencatat sejarah atas apa yang telah kita lakukan, tapi tadi malam mungkin hanya bagian kecil dari perayaan," kata Bamford.

"Saya sungguh gembira, klub ini telah berada dalam kelesuan selama 16 tahun dan menjadi bagian dari klub dan kelompok para pemain itu secara jujur sulit dipercaya," kata Cooper.

Baca juga: Bursa transfer Liga Inggris berlangsung 27 Juli hingga 5 Oktober
Baca juga: Liverpool akan perpanjang kontrak Dejan Lovren sampai 2022

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020