Jakarta (ANTARA) - Grup idola Jepang, Keyakizaka46 mengumumkan bahwa mereka akan melakukan konser live pertama mereka tanpa penonton, memiliki nama grup baru, dan merilis single terakhirnya di bawah nama Keyakizaka46.

Keyakizaka46 adalah grup yang telah memiliki kesuksesan luar biasa dalam lima tahun terakhir. Namun, beberapa waktu belakangan, sejumlah anggota grup mengumumkan kelulusannya. Termasuk Hirate Yurina yang merupakan center dan wajah dari Keyakizaka46.

Kapten Keyakizaka46 Sugai Yuka berkata, "Ada sesuatu yang ingin kami sampaikan kepada kalian. Kami, Keyakizaka46, akan berakhir setelah lima tahun. Kami akan mengucapkan selamat tinggal pada Keyakizaka46."

"Pertunjukan terakhir Keyakizaka dijadwalkan pada bulan Oktober dan kami akan membagi kegiatan dan memiliki nama grup baru dan kami akan dilahirkan kembali," kata dia melanjutkan.

Ia kemudian mengatakan, para anggota bisa menerima keputusan ini segera. Mereka juga memiliki perasaan yang kuat terhadap Keyakizaka46, namun mereka "tidak bisa melanjutkan dengan perasaan setengah hati."

"Saya juga suka Keyakizaka. Saya telah aktif dengan harapan bahwa saya dapat terus melindungi grup ini. Namun, sebagai hasil dari diskusi dengan staf dan anggota, saya memutuskan bahwa itu adalah keputusan untuk menjadi lebih kuat sebagai kelompok," kata Sugai.

“Ada banyak mimpi yang bisa aku raih karena aku bersama Keyakizaka46. Ada banyak prestasi untuk semua orang, termasuk anggota yang tidak ada di sini sekarang,” ujarnya menambahkan.

Sang kapten melanjutkan bahwa grup tersebut berjanji untuk menjadi kelompok yang kuat lagi, dan meminta dukungan penggemar yang berkelanjutan di masa depan.

"Akhirnya, ini adalah single terakhir dari kami dengan nama Keyakizaka46 adalah “Dare ga sono kane o narasu no ka?”," pungkasnya.

Single ini akan dirilis secara digital dari Sony Records pada 21 Agustus 2020 dan akan menampilkan Kobayashi Yui sebagai center-nya.

Baca juga: Hirate Yurina akan lulus dari Keyakizaka46?

Baca juga: Setelah 1 tahun, NGT48 kembali dengan lagu dan "center" baru

Baca juga: NGT48, saudara baru grup idola AKB48

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020