Modifikasi motor, polisi di Nagan Raya-Aceh bantu padamkan karhutla

Modifikasi motor, polisi di Nagan Raya-Aceh bantu padamkan karhutla

Petugas kepolisian Polsek Kuala, Polres Nagan Raya, Aceh melakukan simulasi pemadaman karhutla menggunakan sepeda motor dinas Babinkamtibmas modifikasi yang dipusatkan di Alun-Alun Suka Makmue, Nagan Raya, Sabtu (18/7/2020). (FOTO ANTARA/HO-Polsek Kuala Polres Nagan Raya)

Alhamdulillah, selain berfungsi sebagai sarana transportasi, kendaraan dinas ini juga berfungsi sebagai alat pemadam kebakaran untuk membantu masyarakat, sekaligus memadamkan api saat terjadi kebakaran hutan dan lahan di Nagan Raya
Suka Makmue, Aceh (ANTARA) - Seorang anggota Polri di Mapolsek Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Bripka Sari Fachrurrazi berhasil memodifikasi kendaraan dinas menjadi kendaraan alat pemadam kebakaran (damkar) yang bisa digunakan untuk membantu masyarakat memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tugasnya.

"Alhamdulillah, selain berfungsi sebagai sarana transportasi, kendaraan dinas ini juga berfungsi sebagai alat pemadam kebakaran untuk membantu masyarakat, sekaligus memadamkan api saat terjadi kebakaran hutan dan lahan di Nagan Raya," kata Kapolres Nagan Raya, Aceh, AKBP Risno, SIK diwakili Kapolsek Kuala, AKP Faisal Riza, Minggu, di Suka Makmue.

Selama ini, kata Faisal Riza, kendaraan dinas modifikasi anggotanya yang menjadi Bhabinkamtibmas di Polsek Kuala itu telah digunakan untuk kegiatan sosial membantu masyarakat di desa.

Ide modifikasi ini muncul, kata dia, setelah Bripka Sari Fachrurrazi berniat membantu masyarakat karena di wilayah tugasnya, sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.
Petugas kepolisian Polsek Kuala, Polres Nagan Raya, Aceh melakukan simulasi pemadaman karhutla menggunakan sepeda motor dinas Bhabinkamtibmas modifikasi yang dipusatkan di Alun-Alun Suka Makmue, Nagan Raya, Sabtu (18/7/2020). (FOTO ANTARA/HO-Polsek Kuala Polres Nagan Raya)

Apalagi selama ini, orang tua Sari Fachrurrazi merupakan montir sepeda motor dan berpengalaman dalam memodifikasi kendaraan.

Karena dinilai bermanfaat, ide cemerlang tersebut mendapatkan dukungan dari atasan Fachrurrazi, termasuk dukungan penuh dari Kapolres Nagan Raya.

Ia menambahkan, dalam simulasi yang dipusatkan di Alun-Alun Suka Makmue, Nagan Raya, Aceh, menggunakan dua alat pompa air dan satu unit sepeda dinas Bhabinkamtibmas Bripka Sari Fachrurrazi yang sudah di modifikasi.

Upaya pemadaman karhutla yang diikuti puluhan personel Polres Nagan Raya tersebut berhasil.

Rencananya, sepeda motor Babinkamtibmas modifikasi tersebut akan terus digunakan untuk membantu pemadaman karhutla di Nagan Raya, Aceh, sekaligus membantu masyarakat yang tertimpa musibah, demikian Faisal Riza.

Baca juga: 20 Hektare lahan milik warga terbakar di Nagan Raya Aceh

Baca juga: TNI dan BPBD berhasil kendalikan Karhutla di Nagan Raya Aceh

Baca juga: Dua karyawan perkebunan diperiksa terkait karhutla di Nagan Raya Aceh

Baca juga: Hujan padamkan kebakaran 24,5 ha lahan di Aceh Barat dan Nagan Raya

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar