Artikel

Deteksi gejala takikardia seperti yang dialami Jesica Iskandar

Oleh Lia Wanadriani Santosa

Deteksi gejala takikardia seperti yang dialami Jesica Iskandar

Ilustrasi pemeriksaan jantung (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Takikardia, seperti yang dialami selebritas Jessica Iskandar (Jedar) adalah istilah medis untuk detak jantung lebih dari 100 detak per menit. Pada kebanyakan orang, detak jantung naik salah satunya saat berolahraga atau sebagai respons terhadap stres, trauma, atau penyakit.

Tetapi pada mereka yang mengalami takikardia, jantung berdetak lebih cepat dari normal karena kondisi yang tidak terkait dengan stres fisiologis normal.

Baca juga: Jessica Iskandar & Richard Kyle tunda pernikahan akibat virus corona

Laman Medical News Today menuliskan, takikardia umumnya disebabkan gangguan pada impuls listrik normal yang mengendalikan aksi pemompaan jantung.

Kondisi ini kemungkinan disebabkan beberapa hal seperti reaksi terhadap obat-obatan tertentu, kelainan bawaan jantung, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, ketidakseimbangan elektrolit, hipertensi dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroid seperti yang dialami Jessica.

Jessica melalui laman media sosialnya mengungkapkan mengalami hipertiroid akibat terlalu banyak yodium di dalam tiroid.

Dokter spesialis penyakit dalam, M. Ikhsan Mokoagow pernah menuturkan, tiroid yang mengalami gangguan bisa memunculkan kelainan bentuk, fungsi dan bahkan keduanya.

"Untuk kelainan bentuk, kelihatan. Periksa benjolan (di bawah bagian depan sebelah bawah) bergerak naik dan turun tidak saat menelan. Kalau iya, kemungkinan besar gangguan tiroid," tutur dia.

Baca juga: Tangan dan kaki tiba-tiba dingin, normalkah?

Pada mereka yang terkena hipertiroid, denyut jantung akan menjadi cepat atau aktivitas ususnya meningkat sehingga dia akan buang air besar lebih sering atau bahkan mengalami diare.

Penderita hipertiroid juga umumnya mengalami gejala sesak napas ketika beraktivitas, kelelahan, lebih tahan suhu dingin atau tidak tahan suhu panas dan berkeringat berlebihan.

Gejala lainnya, keringat berlebihan, nafsu makan meningkat namun mengalami penurunan berat badan karena pembakaran lebih banyak.

Laman Mayo Clinic menyebutkan, seseorang yang terkena takikardia selain karena hipertiroid umumnya mengalami sakit kepala ringan, detak jantung cepat atau tidak teratur, nyeri dada hingga pingsan.

Kondisi ini terjadi ketika jantung berdetak terlalu kencang, sehingga tidak memompa cukup darah ke seluruh tubuh, lalu membuat organ dan jaringan oksigen kelaparan.

Baca juga: Jet Li menderita penyakit hipertiroid

Baca juga: Kakak Jessica Iskandar ungkap kronologi tabrak lari ayah mereka

Baca juga: Jedar terharu El Barack panggil Richard Kyle "Daddy"

 


Lalu bagaimana pencegahan dan pengobatannya?

Oleh Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar