Danlantamal resmikan desa ketahanan pangan binaan Lanal Tolitoli

Danlantamal resmikan desa ketahanan pangan binaan Lanal Tolitoli

Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas. (ANTARA/Dispen Lantamal VIII) (1)

Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas meresmikan Desa Ketahanan Pangan Samudera yang merupakan binaan Pangkalan TNI Angkatan Lanal (Lanal) Tolitoli, yang berada di Dusun Kotanibangun, Desa Ginunggung Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli.

Siaran pers yang diterima dari Dinas Penerangan Lantamal VIII, Ahad, menyebutkan selain desa binaan, Danlantamal juga meresmikan Bintara Pembina Samudera (Babinsa).

Peresmian itu ditandai dengan penyematan badge lengan kepada perwakilan Bintara Lanal Tolitoli serta penyerahan topi rimba dari Babinsa Ginunggung kepada Babinsa Samudera sebagai bentuk kebersamaan untuk membangun desa pesisir.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penanaman bibit rumput laut oleh Danlantamal VIII bersama Wakil Bupati Tolitoli H. Rahman H. Buding dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli.

Baca juga: Panen di kebun ketahanan pangan Lantamal VIII dibagikan kepada warga

Baca juga: Danlantamal VIII inspeksi mendadak KAL Pulau Karakelang Di Bitung


Kemudian penyerahan hibah tanah dari masyarakat Desa Ginunggung kepada Lanal Tolitoli untuk pembangunan Pos Babinsa Samudera.

Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu tugas TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat desa maritim menjadi potensi pertahanan.

Kegiatan itu juga untuk menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung rencana pembangunan nasional.

TNI AL menyadari sepenuhnya bahwa apa yang dilaksanakan hanyalah langkah awal membantu masyarakat untuk membangun daerahnya.

"Kelangsungan dan kesinambungan kegiatan ini sangatlah tergantung kepada peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan segenap institusi terkait, utamanya bagi mereka yang peduli terhadap kesulitan masyarakat di wilayah-wilayah yang membutuhkan bantuan," kata Danlantamal.*

Baca juga: "Peduli Kasih COVID-19" Lantamal VIII sentuh nelayan

Baca juga: Danlantamal VIII lakukan sidak di Posal Sangkub

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Donggala dan Tolitoli diguncang gempa 4 magnitudo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar