Jakarta (ANTARA) - Leganes gagal menyelamatkan diri dari degradasi kendati berhasil mengimbangi uara Real Madrid 2-2 dalam laga pekan penutup Liga Spanyol 2019/20 di Stadion Butarque, Senin dini hari WIB ini.

Tambahan satu poin ini tak cukup membuat Leganes beranjak dari urutan ke-18 klasemen dengan koleksi total 36 poin atau satu poin di belakang Celta Vigo (37) yang juga bermain imbang.

Real Madrid menutup musim dengan 87 poin setelah memastikan gelar juara tiga hari yang lalu, demikian laman Liga Spanyol.

Baca juga: Jadwal penutup Liga Spanyol sisakan penentuan degradasi dan Europa

Leganes dua kali tertinggal dari sang juara akibat gol Sergio Ramos dan Marco Asensio, tetapi dua kali pula mereka menyamakan kedudukan lewat Bryan Gil dan Roger Assale.

Madrid membuka keunggulan saat laga baru berjalan sembilan menit ketika Isco mengirim umpan silang dari sisi kiri yang ditanduk Ramos.

Leganes berusaha keras membalas tapi baru mencetak gol penyama kedudukan pada menit pertama injury time babak pertama lewat sepakan mendatar Bryan Gil yang memanfaatkan umpan Jonathan Silva.

Sang juara memasuki babak kedua sama baiknya dengan paruh pertama dan tujuh menit selepas sepak lanjut Isco melepaskan umpan terukur yang menerobos di antara Silva dan Rodrigo Tarin untuk diselesaikan baik oleh Asensio guna membawa Madrid kembali memimpin 2-1.

Baca juga: Ringkasan Liga Spanyol ketika Real Madrid pastikan juara
Baca juga: Meski juara La Liga, Hazard akui ini musim terburuk dalam kariernya


Tuan rumah kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-78 melalui aksi Assale yang mengecoh Nacho Fernandez sebelum menaklukkan kiper Alphonse Areola dari jarak dekat.

Leganes terus berjibaku mencari gol kemenangan yang bisa menyelamatkan mereka dari ancaman degradasi, tetapi sepakan voli Javier Aviles melenceng.

Lantas pada menit ke-83 Aviles kembali membuang peluang dan Leganes sempat berharap ada bantuan dari VAR atas dugaan pelanggaran handball di dalam kotak penalti tim juara, tetapi lagi-lagi teknologi berpihak kepada Real Madrid.

Peluang pemungkas Leganes tercipta pada menit keenam injury time ketika Oscar Rodriguez menusuk sebelum melepaskan tembakan melengkung dari tepian kotak penalti namun melambung di sisi kanan gawang.

Leganes pun terlempar ke Divisi Segunda.

Baca juga: Villarreal posisi kelima, Valladolid tutup musim dengan menang
Baca juga: Barcelona tutup musim dengan pesta lima gol ke gawang Alaves


Susunan pemain:

Leganes (5-4-1): Ivan Cuellar; Roberto Rosales, Unai Bustinza, Rodrigo Tarin (Roger Assale), Dimitrios Siovas, Jonathan Silva; Aitor Ruibal (Miguel Angel Guerrero), Ibrahim Amadou (Javier Aviles), Recio (Roque Mesa), Bryan Gil; Manu Garrido (Oscar Rodriguez)
Pelatih: Javier Aguirre

Real Madrid (4-3-3): Alphonse Areola; Lucas Vazquez, Eder Militao, Sergio Ramos (Nacho Fernandez), Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro (Toni Kroos), Isco; Marco Asensio (Brahim Diaz), Karim Benzema (Luka Jovic), Vinicius Junior
Pelatih: Zinedine Zidane

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020