Serial "Haikyuu!!" berakhir, #ThankYouHaikyuu puncaki trending dunia

Serial "Haikyuu!!" berakhir, #ThankYouHaikyuu puncaki trending dunia

Lembar full-color dari bab terakhir manga "Haikyuu!!". (Twitter/shonen_jump)

Jakarta (ANTARA) - Bersamaan dengan berakhirnya serial komik Jepang (manga) "Haikyuu!!", para penggemar turut merayakan dan memberikan apresiasinya melalui tagar #ThankYouHaikyuu sehingga berhasil memuncaki trending dunia di Twitter, Senin pagi.

Tagar tersebut turut diiringi tagar lainnya seperti #ThankYouFurudateSensei, mengacu kepada Haruichi Furudate yang merupakan nama dari sang kreator (manga-ka) komik bertemakan olahraga voli tersebut.

Serial manga "Haikyuu" mengakhiri perjalanannya selama 8,5 tahun sejak pertama kali dirilis pada 20 Februari 2012.

Baca juga: "Haikyuu!!" akan akhiri serial manga-nya pada bulan ini

Baca juga: Intip isi rumah komikus Astro Boy hingga Doraemon di museum baru Tokyo


Bab-bab terakhir dari "Haikyuu" dimuat di edisi 33 dan 34 di Majalah Shueisha Weekly Shounen JUMP (WSJ). Bab terakhirnya, yaitu bab 402 ditampilkan dalam merger 28 halaman dengan satu halaman berwarna (colored spread) di Majalah WSJ.

Tahun lalu, Furudate mengkonfirmasi bahwa manga berada dalam arc terakhir dan akan dirilis bulan ini.

Manga "Haikyuu!!" memenangkan Shogakukan Manga Award ke-61 untuk manga sh┼Źnen terbaik pada 2016. Pada Mei 2020, "Haikyu!!" memiliki lebih dari 38 juta salinan yang dicetak.

Adaptasi serial televisi anime oleh Production I.G ditayangkan dari April 2014 hingga September 2014, dengan 25 episode.

Musim kedua ditayangkan dari Oktober 2015 hingga Maret 2016, dengan 25 episode. Musim ketiga ditayangkan dari Oktober 2016 hingga Desember 2016, dengan 10 episode.

Musim keempat diumumkan selama Jump Festa '19 dan direncanakan untuk dirilis dalam dua course, pertama dari 13 episode ditayangkan dari Januari hingga April 2020, dan kedua dari 12 episode yang akan tayang perdana pada Oktober 2020.

Terlepas dari adaptasi manga dan anime TV, seri ini juga diadaptasi menjadi beberapa film, program drama radio, seri spin-off, drama panggung, OVA dan video game.

Baca juga: Tiga situs baca komik daring untuk temani ngabuburit

Baca juga: Enam komik karya anak bangsa di Line Webtoon untuk dibaca selama puasa

Baca juga: Setelah 11 tahun, "Inuyasha" buat sekuel anime baru

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar