Tangerang siapkan produk UMKM dipasarkan ke luar negeri

Tangerang siapkan produk UMKM dipasarkan ke luar negeri

Pertemuan antara Pemkot Tangerang dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) membahas mengenai produk UMKM.

Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang sedang menyiapkan produk UMKM unggulan untuk dipasarkan ke luar negeri oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin mengatakan, beberapa produk UMKM yang dinilai telah siap untuk memasuki pasar global diantaranya Coklatin dan Jahe Merah Nusantara asli Kota Tangerang, Banten.

"Sudah siap, tapi kita masih akan bahas teknis perizinannya seperti apa karena banyak hal yang harus disiapkan saat produk akan dikirim keluar negeri. Belum ada bicara targetnya sampai kapan tapi akan kita tindaklanjuti dengan menyaring beberapa produk lagi," katanya.

Baca juga: Ini sejumlah kendala pemasaran produk yang dihadapi UMKM
Baca juga: Aprindo tegaskan UMKM dan ritel modern bermitra, bukan bersaing


Untuk membantu melebarkan sayap penjualan produk UMKM Kota Tangerang hingga keluar negeri, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan kerja sama dengan Pemkot Tangerang.

Kerja sama tersebut berfokus dalam pengembangan dan pelebaran promosi penjualan produk UMKM Kota Tangerang agar dapat naik kelas bahkan mampu mengekspor produknya keluar negeri.

Arief mengatakan, pengiriman ekspor produk UMKM tersebut akan difasilitasi melalui Kemendag.

"Sekarang kita siapkan dulu produk UMKM yang siap, rencananya memang Kota Tangerang diajukan untuk yang pertama," kata Arief.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

NTT jadi fokus sasaran pengembangan digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar