Piala FA

Shearer usulkan De Gea diganti Henderson

Shearer usulkan De Gea diganti Henderson

Foto ilustrasi: Reaksi kecewa kiper Manchester United David de Gea setelah melakukan kesalahan yang berujung gol untuk Watford dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Vicarage Road, Watford, Inggris, Minggu (22/12/2019). (ANTARA/REUTERS/David Klein)

Jakarta (ANTARA) - Manchester United seharusnya mengganti penjaga gawang David de Gea dengan Dean Henderson musim depan, kata mantan striker Inggris Alan Shearer setelah pemain asal Spanyol itu tampil mengecewakan dalam kekalahan 1-3 oleh Chelsea pada semifinal Piala FA.

Dikutip dari Reuters, Senin, De Gea (29), bersalah atas gol pembuka Olivier Giroud menjelang akhir babak pertama dan kemudian membiarkan tembakan Mason Mount menggeliat melewatinya dan memasuki gawang setelah laga dimulai kembali.

Baca juga: Tuntaskan revans dan sisihkan MU, Chelsea ke final Piala FA

Serangkaian kesalahan dari De Gea telah mendorong seruan agar ia diganti sebagai kiper pilihan pertama oleh Henderson, yang menarik pujian sebagai pemain pinjaman di Sheffield United.

"Jika kiper melakukan satu kesalahan, atau mungkin dua, Anda berpikir seharusnya tetap bersama dia," kata mantan striker Newcastle United Shearer kepada BBC.

"Tapi itu terus terjadi. Saya pikir satu-satunya bagi Anda adalah membawa Dean Henderson kembali ke Manchester United sebagai nomor satu, atau Anda pertahankan dia di sana untuk terus memperoleh pengalaman. Saya kira saatnya telah tiba."

Baca juga: Solskjaer tentang eror David de Gea dan perombakannya yang aneh

Manajer United Ole Gunnar Solskjaer menggambarkan De Gea kuat secara mental setelah pertandingan, namun mantan pemain bertahan klub tersebut Phil Neville mengatakan kiper itu percaya dirinya rendah.

"Ia tidak dikenali lagi sebagai penjaga gawang yang memenangi pemain (klub) terbaik empat dari lima tahun. Ia melakukan kesalahan-kesalahan. De Gea yang percaya diri, yakin, dan dalam kondisi baik menyelamatkan ketiga-tiganya (gol)," kata Neville.

"Seandainya saya Solskjaer, maka saya akan khawatir karena level penampilannya. Sudah menukik dan inkonsistensinya merugikan pertandingan-pertandingan United.

"Saya belum akan meninggalkannya. Mandatnya masih ada di sana dengan yang terbaik di dunia. Ia hanya kehilangan semua kepercayaan dirinya."

Baca juga: De Gea dikritik Roy Keane, Ole Gunnar Solskjaer membela
Baca juga: Capai 400 tampil bersama United, De Gea bidik rekor lainnya

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar