Bengkulu (ANTARA) - Survei yang dilakukan Roda Tiga Konsultan menunjukkan elektabilitas atau tingkat keterpilihan tiga nama yaitu Rohidin Mersyah, Agusrin M Najamudin dan Helmi Hasan bersaing ketat di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada Pilkada 2020 mendatang.

"Itu merupakan hasil simulasi pilihan tertutup dengan diberikan pilihan nama dan foto bakal calon gubernur dan dengan pertanyaan siapakah yang akan dipilih dalam Pilkada Provinsi Bengkulu 2020," ucap Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Muhammad Taufiq Arif di Bengkulu, Senin.

Berdasarkan survei yang dilakukan 6 hingga 13 Juli lalu terhadap 810 responden dengan margin of eror 3,53 persen menunjukkan puncak elektabilitas ditempati mantan Gubernur Bengkulu periode 2005 - 2010 Agusrin M Najamudin sebesar 25,4 persen.

Kemudian dibawahnya menyusul Gubernur Bengkulu saat ini Rohidin Mersyah sebesar 19,3 persen dan Wali Kota Bengkulu dua periode Helmi Hasan sebesar 18,8 persen.

Baca juga: Insentif tenaga kesehatan di Bengkulu belum cair
Baca juga: Di Bengkulu, penyaluran BLT Dana Desa mencapai Rp65 miliar


Kata dia, sebanyak 18,4 persen responden memilih Agusrin ketika simulasi terbuka tanpa diberikan nama dan foto bakal calon dengan pertanyaan siapakah yang akan dipilih dalam Pilkada Provinsi Bengkulu mendatang.

Nama Rohidin justru turun ke posisi ketiga dibawah Helmi dalam simulasi terbuka ini dengan responden yang memilih Rohidin sebanyak 13,2 persen dan Helmi 14,8 persen.

"Top of mind dengan simulasi terbuka Agusrin tetap tertinggi, namun perubahan justru dibawahnya yaitu Helmi diposisi kedua dan Rohidin diposisi ketiga," paparnya.

Taufiq menambahkan, survei ini juga menguji elektabilitas empat bakal calon dengan pertanyaan jika Pilkada Provinsi Bengkulu dilakukan hari ini siapakah yang akan dipilih yaitu Agusrin, Rohidin, Helmi dan Ahmad Hijazi yang merupakan Bupati Rejang Lebong.

Dalam simulasi ini sebanyak 20,4 persen responden memilih Agusrin, 16,4 persen memilih Rohidin, 14,2 persen memilih Helmi, 0,7 persen memilih Hijazi dan sisanya 24,4 persen masih merahasiakan pilihan serta 23,8 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Sedangkan simulasi tiga bakal calon yaitu Agusrin, Rohidin dan Helmi sebanyak 22,0 persen responden memilih Agusrin, 16,4 persen Rohidin, 15,1 persen Helmi dan sisanya masih merahasiakan dan tidak menjawab.

Selanjutnya, simulasi dua bakal calon yaitu Agusrin dan Rohidin sebanyak 23,8 persen responden memilih Agusrin, 17,7 persen Rohidin dan sisanya masih rahasia dan tidak menjawab.

Begitu pula simulasi dua bakal calon antara Agusrin dan Helmi sebanyak 26,0 persen responden memilih Agusrin, 19,8 persen memilih Helmi dan sisanya masih merahasiakan atau tidak menjawab.

"Ketika simulasi dua bakal calon yaitu Helmi Hasan dan Rohidin Mersyah justru yang unggul itu Helmi Hasan dengan 23,9 persen dan Rohidin 17,1 persen," demikian Taufiq.

Baca juga: Satgas BUMN salurkan bantuan APD ke RSUD Bengkulu Selatan
Baca juga: Pemprov Sumsel bangun jalan Sumsel-Bengkulu


Pewarta: Carminanda
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020