Liga Spanyol

Villarreal, Leganes kompak berpisah dengan pelatih masing-masing

Villarreal, Leganes kompak berpisah dengan pelatih masing-masing

Manajer Leganes Javier Aguirre (kiri) menghibur Jonathan Silva yang kecewa karena timnya terdegradasi setelah hanya mampu menahan imbang Real Madrid dalam laga pekan penutup Liga Spanyol 2019/20 tanpa penonton karena COVID-19 di Stadion Butarque, Leganes, Spanyol, Minggu (19/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Sergio Perez)

Jakarta (ANTARA) - Dua klub Spanyol, Villarreal dan Leganes, pada Selasa dini hari WIB mengumumkan perpisahan pelatih kepala masing-masing, yakni Javi Calleja dan Javier Aguirre.

Lewat laman resminya, Villarreal mengumumkan Calleja akan meninggalkan tim setelah tiga tahun melatih The Yellow Submarine.

Musim ini, Calleja berhasil menuntun Villarreal finis di urutan kelima klasemen dan meraih satu tiket fase grup Liga Europa musim depan.

Baca juga: Villarreal posisi kelima, Valladolid tutup musim dengan menang

Selama tiga musim tenor kepelatihannya, Calleja mendampingi Villarreal dalam 131 pertandingan resmi dengan torehan 57 kemenangan dan 44 kekalahan.

"Klub berterima kasih atas kerja keras, dedikasi dan profesionalisme Calleja selama melatih tim ini dan mendoakan yang terbaik untuk kariernya mendatang," demikian tulis laman resmi Villarreal.

Sementara itu, Leganes, secara ironis gagal menghindari degradasi kendati sukses menahan imbang tim jawara La Liga Spanyol Real Madrid di laga pekan penutup.

Baca juga: Leganes tak bisa hindarkan degradasi meski imbangi Madrid

Kegagalan itu berujung pada pemecatan Aguirre yang baru menangani Leganes sejak November 2019 dan memimpin tim dalam 26 pertandingan.

Sayang dalam Aguirre hanya mampu menuntun Leganes memenangi tujuh pertandingan dan menangguk 10 hasil imbang, sehingga klub itu finisi di urutan ke-18 klasemen hanya tertinggal satu poin dari zona aman.

"Pihak klub berterima kasih kepada Javier Aguirre atas profeisonalisme dan kebaikan hatinya selama beberapa bulan ini, di mana ia menangani tim dalam situasi sulit dan tetap membawa tim bersaing hingga titik penghabisan," demikian tulis laman resmi Leganes.

Baik Villarreal maupun Leganes belum mengumumkan pelatih kepala baru mereka menyongsong musim baru kompetisi sepak bola Spanyol yang dijadwalkan mulai bergulir 12 September 2020.

Baca juga: Messi raih El Pichichi empat musim beruntun dan cetak rekor baru
Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Liga Spanyol 2019/20
Baca juga: 10 momen terbaik Liga Spanyol musim ini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar