Politik kemarin, 18 lembaga bubar hingga Partai Gelora temui Jokowi

Politik kemarin, 18 lembaga bubar hingga Partai Gelora temui Jokowi

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) berbincang dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) sebelum memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang di dalamnya mengatur pembentukan tim penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 20/7) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, diawali pembubaran 18 lembaga berupa tim kerja, badan, dan komite, hingga petinggi Partai Gelora bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Presiden Jokowi bubarkan 18 tim kerja, badan, dan komite

Presiden RI Joko Widodo resmi membubarkan 18 tim kerja, badan, dan komite yang berdiri berdasarkan keputusan presiden (keppres).

Hal tersebut termuat dalam Pasal 19 Peraturan Presiden RI Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 20 Juli 2020.

Selengkapnya di sini

Pasukan Garuda selamatkan warga negara Amerika yang disandera di Kongo

Pasukan Garuda berhasil menyelamatkan seorang perempuan warga negara Amerika yang diculik dan disekap kelompok bersenjata bandit bersenjata di Ake Village, 10 KM dari SCD Lulimba, Kongo.

Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas TNI Konga 39-B Rapid Deployable Battalion (RDB) Mission de Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en République Démocratique du Congo (MONUSCO) ini berhasil menyelamatkan WN Amerika bernama Sarah ini diawali dengan diterimanya informasi dari Chief dan MSF team kepada Komandan Static Combat Deployment (SCD) Lulimba Mayor Inf Yoni, kata Komandan Satgas TNI RDB Kolonel Inf Daniel Lumban Raja dalam siaran persnya yang diterima dari Puspen TNI, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Pembentukan tim penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi via Perpres

Komite penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional dibentuk Presiden Joko Widodo berdasarkan Peraturan Presiden RI (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sebelumnya Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, menyebut pembentukan tim tersebut berdasarkan PP (peraturan pemerintah).

Dalam pernyataannya Airlangga menyampaikan Presiden memberikan tugas kepada komite kebijakan dan membentuk satu tim untuk mengendalikan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Selengkapnya di sini


PDI Perjuangan ingatkan elit Demokrat tak campuri penetapan Gibran

Salah satu politisi PDI Perjuangan, Wanto Sugito, mengingatkan kepada elite Partai Demokrat untuk tidak ikut campur dalam penetapan Gibran Rakabuming sebagai calon kepala daerah di Pilkada Solo.

"Kami heran dengan sejumlah pernyataan elit Demokrat yang muncul di media maupun medsos. Kenapa petinggi Demokrat harus repot mempertanyakan soal penetapan Gibran Rakabuming sebagai calon Walikota Solo yang diusung PDI Perjuangan," kata Wanto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Petinggi Partai Gelora temui Presiden Jokowi

Petinggi Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia dipimpin ketua umumnya Anis Matta menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan RI, Jakarta.

"Alhamdulillah, kami baru saja bertemu dengan Bapak Presiden Jokowi, kami meminta pertemuan ini setelah Partai Gelora resmi sebagai partai politik, telah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM," kata Anis di lingkungan Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden Jokowi hadiri pertemuan virtual forum ekonomi dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar