Kemarin, Sulteng dan Papua potensi banjir dan calon vaksin tiba

Kemarin, Sulteng dan Papua potensi banjir dan calon vaksin tiba

Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. ANTARA/Shutterstock/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora Senin (20/7) kemarin yang masih menarik untuk disimak, mulai dari peringatan BMG terkait Sulteng dan Papua berpotensi banjir hingga calon vaksin COVID-19 tiba di Indonesia. Berikut berita-berita tersebut :

1.BMKG: Sulteng dan Papua sangat berpotensi banjir

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Sulawesi Tengah dan Papua berpotensi banjir dengan dengan peluang kategori tinggi pada dasarian II Juli.

"Berdasarkan prakiraan curah hujan probabilistik BMKG, beberapa wilayah seperti, sebagian Sulawesi Tengah dan Papua berpotensi banjir dengan dengan peluang kategori 'tinggi'," kata Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan, Nasrullah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.


2.Menaker: UMKM berperan penting dalam mengatasi pengangguran


Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah ketika membuka pembekalan kewirausahaan Inkubasi Bisnis In Wall untuk pemberdayaan calon wirausahawan di Lembang, Jawa Barat, menyatakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) berperan penting dalam mengatasi pengangguran di Indonesia

"Inkubasi bisnis ini merupakan salah satu tahapan untuk memberdayakan wirausaha maupun calon wirausaha potensial melalui kegiatan bimbingan kewirausahaan dalam jangka waktu tertentu dan pendampingan usaha berbasis pemanfaatan sumber daya lokal yang kreatif dan inovatif," kata Menaker Ida dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

3. 14 kecamatan di Kota Bandung bebas kasus positif aktif COVID-19


Berdasarkan data Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov), sebanyak 14 kecamatan yang ada di Kota Bandung dinyatakan bebas dari pasien positif aktif COVID-19

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan 14 kecamatan itu sudah tidak ada kasus aktif, namun masih ada sejumlah orang masih suspek dan dalam pemantauan serta pengawasan.

4.Pasien sembuh COVID-19 bertambah hingga 1.576 jadi 46.977

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan sampai 20 Juli 2020, pukul 12.00 WIB, pasien sembuh dari penyakit COVID-19 tercatat bertambah 1.576 orang, sehingga secara keseluruhan menjadi 46.977 orang.

"Sekali lagi, tempat bekerja, kantor atau industri (pabrik), kami mohon untuk betul-betul bisa menciptakan suasana kerja yang aman dari COVID-19," kata Yurianto dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB di Jakarta, Senin.


5.Calon vaksin dari China tiba di Indonesia dan diuji klinis tahap III

Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Ali Ghufron Mukti mengatakan calon vaksin dari perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac Biotech Ltd., tiba di Indonesia dan akan segera diuji klinis tahap III.

"Iya sudah sampai. Tentu pasti disiapkan nanti kan untuk uji klinis tahap ketiga," kata Ghufron kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar