Acara PD Na "Summer Vacation" dituduh jiplak game video Jepang

Acara PD Na "Summer Vacation" dituduh jiplak game video Jepang

Reality Show PD Na Young-seok "Summer Vacation" (Instagram.com/tvn.asia)

Jakarta (ANTARA) - Produser acara populer Korea Selatan, Na Young-seok dituduh melakukan penjiplakan atas program terbarunya, "Summer Vacation" setelah episode pertamanya ditayangkan di saluran televisi tvN, pada Jumat (17/7).

Aktris Jung Yu-mi dan aktor Choi Woo-shik yang membintangi program itu menunjukkan kehidupan sehari-hari mereka di rumah tepi pantai di Provinsi Gangwon, Korea Selatan. Selama waktu luang, mereka berjalan-jalan, memasak, bercocok tanam hingga membuat jurnal.

Laman The Korea Times melaporkan, setelah episode pertamanya, beberapa warganet menuduh apa yang dilakukan Yu-mi dan Woo-shik memiliki banyak kesamaan dengan video game Jepang "My Summer Vacation" yang diproduksi oleh Sony Interactive Entertainment pada tahun 2000.

Game ini berfokus pada kegiatan sehari-hari seorang bocah Jepang yang tinggal di pedesaan seperti membuat buku harian dan merawat ladang jagung mirip yang dilakukan Yu-mi dan Woo-shik.

Baca juga: X1 "Produce X 101" akan tampil di reality show

Baca juga: iKON akhirnya punya reality show sendiri


Warganet mengklaim "Summer Vacation" dan video game Jepang serupa dalam plot yakni berada di daerah pedesaan, menjelajahi gaya hidup perdesaan, menggambar dan membuat jurnal.

Selain format, mereka juga mengklaim struktur rumah acara tvN dan video game Jepang serupa. Acara di tvN diatur berlangsung di sebuah rumah tua yang banyak direnovasi untuk kepentingan acara tersebut. Beberapa pengguna internet mengklaim strukturnya mirip dengan video game Jepang.

Menanggapi hal ini, produser Young-seok membantah tuduhan plagiarisme itu. Dia dan tim mengaku tidak tahu permainan video itu dan demikian tidak menjiplaknya.

Kemudian, mengenai struktur rumah, mereka mengatakan harus merenovasinya karena dibangun pada 1950-an dan renovasi dilakukan pada atap dan struktur eksternal sementara bagian dalam rumah tetap utuh.

Di sisi lain, pihak tvN tetap meminta maaf.

"Kami meminta maaf pada mereka yang merasa tidak nyaman dengan pertunjukan ini ... Kami dengan rendah hati menerima pendapat pemirsa dan mulai memperbaiki rumah untuk meminimalkan ketidaknyamanan sebelum pengambilan gambar," kata tvN melalui laman Instagram.

Mereka juga membantah tuduhan menyalin format permainan Jepang.

"Kami tidak tahu permainan itu dan tidak menyalinnya."

Baca juga: BTS akan tampil di The Graham Norton Show

Baca juga: Variety Show Running Man akan berlanjut

Baca juga: Variety show "I Can See Your Voice" akan dibuat ulang di lima negara

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar