Jakarta (ANTARA) - Setelah mengakhiri 8,5 tahun perjalanannya lewat majalah komik Weekly Shounen JUMP (WSJ) pada Senin (20/7), penerbit mengungkapkan bahwa "Haikyuu!!" juga akan merilis dua volume terakhir komik (manga) tersebut pada Agustus dan November 2020.

Volume 44 akan dirilis di Jepang pada tanggal 4 Agustus. Kemudian, pada tanggal 4 November, volume ke-45 akan tiba bersamaan dengan dirilisnya sebuah buku panduan (guide book) untuk serial tersebut.

Setelah itu, koleksi besar pertama "Haikyuu!!" akan dirilis pada bulan Desember.

Baca juga: Serial "Haikyuu!!" berakhir, #ThankYouHaikyuu puncaki trending dunia

Baca juga: "Haikyuu!!" akan akhiri serial manga-nya pada bulan ini


Buku terakhir "Haikyuu!!" tersebut akan memuat berbagai konten mulai dari komentar dan ilustrasi dari para pembuatnya, komentar dari anggota pemeran anime-nya seperti pengisi suara (seiyuu) Ayumu Murase, hingga sutradara "Haikyuu!! To the Top" Masako Sato.

"Haikyuu!!" telah hadir di Weekly Shounen JUMP sejak 2011, dan sejak itu, bab-bab dari tiap perjalanan Hinata dan kawan-kawannya telah dikumpulkan dalam 43 volume sejauh ini.

Musim kelima untuk adaptasi anime "Haikyu!! To the Top" dijadwalkan untuk pemutaran perdana pada Oktober tahun ini.

"Haikyuu!!" merupakan manga original karya manga-ka Haruichi Furudate, yang mengisahkan tentang Hinata Shoyo dan cintanya kepada olahraga voli.

Terinspirasi oleh seorang pemain voli profesional yang bertubuh kecil, Hinata mulai aktif berperan di tim voli SMP, dan berlanjut hingga SMA di Karasuno High. Di sana, ia akhirnya mengerti sedikit demi sedikit mengenai persahabatan, rival, dan voli yang terus menghubungkannya dengan banyak hal lain.

Baca juga: Intip isi rumah komikus Astro Boy hingga Doraemon di museum baru Tokyo

Baca juga: Anime "Attack on Titan" akan segera masuki musim terakhir

Baca juga: Setelah 11 tahun, "Inuyasha" buat sekuel anime baru

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020