Demokrat Bentuk Tim Penjaringan Calon Wakil Walikota

Bukittinggi (ANTARA News) - Partai Demokrat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) telah membentuk tim untuk penjaringan calon wakil wali kota yang akan berpasangan dengan calon wali kota Ismet Amzis pada Pilkada 2010.

"Saya Ketua PD Bukittinggi akan maju pada Pilkada 2010, tapi belum ditentukan pasangan. Calon wakil walikota yang diusung hasil dari penjaringan tim yang dinamakan tim lima," kata Ketua Partai Demokrat Bukittinggi, Ismet Amzis di Bukittinggi, Selasa.

Ismet kini sebagai Wali Kota Bukittinggi periode 2005-2010, dilantik pada Senin (16/11) menggantikan Djufri yang terpilih sebagai anggota DPR RI hasil pemilu legislatif April lalu.

Pekan ini, Partai Demokrat Bukittinggi sudah mulai membuka pendaftaran calon wakil walikota dengan kriteria tertentu sesuai dengan aturan partai.

Menyinggung bakal calon wakil yang meliriknya, Ismet menyatakan yang melirik sudah ada tetapi mekanisme melalui penjaringan dan penyaringan oleh tim lima tersebut.

Menurutnya, kurang tepat disebutkan saat ini calon yang sudah datang, karena penjaringan dan penyaringannya belum dimulai. Ia mengatakan,"Lihat saja nanti".

Ismet dalam Pilkada Bukittinggi 2010, siap menerima calon wakilnya, baik dari perantau, akademisi, politisi, pengusaha, dan birokrat.

Kendati demikian, katanya, tentunya harus punya kapabilitas dan kapasitas untuk menjadi calon, makanya akan dilihat juga biodata pribadi calon wakil yang akan diusung tersebut.

Partai Demokrat Kota Bukittinggi sesuai ketentuan Undang-undang, bisa mengusung calon calon walikota/calon wakil walikota sendiri, karena jumlah kursinya di DPRD setempat sebanyak 8 kursi dari 25 kursi yang ada.

"Pengusungan Cawako/cawawako pada Pilkada untuk masa jabatan 2010-2015 PD bisa tanpa koalisi. Tapi, untuk merebut suara pemilih akan dilihat nanti," katanya.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009

AHY luruskan pemberitaan kesiapan jadi capres 2024

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar