Pasien positif COVID-19 di Lampung bertambah lima

Pasien positif COVID-19 di Lampung bertambah lima

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Rabu. (22/7/2020). ANTARA/Dian Hadiyatna/am.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyampaikan ada penambahan lima kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah itu sehingga totalnya menjadi 237.

"Lima kasus tersebut didapatkan dari Kota Bandarlampung tiga pasien, Kabupaten Tulangbawang Barat dan Tanggamus masing-masing satu pasien," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa pasien ke-233 yakni perempuan berumur (68) terkonfirmasi positif pada 21 Juli 2020 dimana yang bersangkutan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit swasta di Bandarlampung.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Kota Sorong meningkat menjadi 153 orang

"Beliau memiliki keluhan batuk, sesak, dengan hasil pemeriksaan rontgen pneumonia," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, pasien ke- 234 juga seorang perempuan berusia (43) yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit pemerintah provinsi dan juga warga Bandarlampung.

Dia mengatakan bahwa yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Yogyakarta dan Jakarta serta memiliki kormobid TB Kelenjar yang baru selesai pengobatan penyakitnya.

"Terkonfirmasi positif tanggal 21 Juli 2020 setelah sebelumnya dilakukan rapid test dengan hasil reaktif," kata dia.

Baca juga: Ratusan ASN di Jombang jalani rapid test

Pasien ke-235 merupakan seorang laki-laki berusia (47) berasal dari Bandarlampung, yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Yogyakarta dan Jakarta.

"Saat ini beliau sedang menjalani perawatan di rumah sakit pemerintah, saat datang untuk memeriksakan diri laki-laki ini memiliki keluhan demam, batuk dan sesak dengan hasil pemeriksaan yakni pneumonia," jelasnya.

Kadinkes melanjutkan bahwa pasien ke-236 merupakan seorang laki-laki (49) dari Kabupaten Tulangbawang Barat. Pada Kamis (9/7) yang bersangkutan demam, batuk dan nyeri di kepala. Hari Sabtu (18/7) masuk ke rumah sakit di sana dan langsung dilakukan tes cepat (rapid test) dengan hasil reaktif.

"Dari itu, oleh petugas dilanjutkan dengan tes usap (swab) yang hasilnya positif COVID-19, saat ini beliau diisolasi di Rumah Sakit di Tulangbawang Barat," jelasnya.

Kemudian pasien konfirmasi positif COVID-19 ke-237 yakni pria berusia (47) yang merupakan pelaku perjalan dari Jakarta. Pasien ini tidak memiliki gejala namun pada pemeriksaan swab pada Senin (20/7) dan Selasa (21/7) hasilnya positif COVID-19.

"Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanggamus," kata dia.

Sedangkan, lanjut dia, untuk pasien sembuh COVID-19 di Lampung bertambah satu orang yakni perempuan (43) dari Kota Bandarlampung, sehingga total pasien sembuh hingga kini berjumlah 179.

"Dari 237 kasus positif COVID-19 di Lampung sebanyak 179 pasien telah sembuh, 12 lainnya meninggal dunia dan menyisakan 46 orang yang masih dalam perawatan," kata dia.

Baca juga: Empat warga Pisangan Baru positif COVID-19, puluhan jalani tes usap
Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Gunung Kidul bertambah 10 orang
Baca juga: Pengelola temukan lagi pedagang positif COVID-19 di Pasar Pramuka

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Patroli malam untuk tekan penyebaran COVID-19 di Kota Ternate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar