Jakarta (ANTARA) - Ukraina bakal mulai mengizinkan pertandingan sepak bola untuk mulai disaksikan langsung oleh penonton dengan jumlah maksimal seperempat kapasitas tiap stadion, di tengah pandemi COVID-19.

Negara itu sejak Mei sudah mencanangkan sejumlah pelonggaran guna memompa aktivitas ekonomi, tetapi pemerintah setempat masih terus memperpanjang penerapan karantina wilayah ketat tiap bulannya serta mengharuskan warga mengenakan masker dan menaati praktik jarak sosial di ruang publik.

Kendati demikian, pada Rabu, Ketua Asosiasi Sepak Bola Ukraina Andriy Pavelko mengklaim kementerian kesehatan negaranya "telah mengizinkan kehadiran penonton sebagai uji coba dalam rangkaian pertandingan 25 dan 29 Juli," melalui laman Facebook pribadinya yang dilansir Reuters, Rabu.

Baca juga: Temuan positif COVID-19 buat satu pertandingan Liga Ukraina dibatalkan

Pavelko yang mengutip pedoman kesehatan pemerintah Ukraina, menyatakan seperempat kapasitas stadion diperbolehkan mulai diisi dan akan bertambah jadi 50 persen jika uji coba dinilai berhasil.

Pernyataan itu belum mendapat tanggapan maupun konfirmasi dari pihak kementerian, demikian Reuters menambahkan.

Ukraina mencatatkan hampir 61.000 kasus positif COVID-19 yang memakan sedikitnya 1.534 korban jiwa.

Angka itu relatif lebih kecil dibandingkan negara-negara Eropa timur lainnya, tetapi dalam beberapa pekan terakhir temuan kasus meningkat tajam.

Sejak 30 Mei, Ukraina telah menjalankan kembali kompetisi sepak bola mereka, tetapi tak dihadiri penonton, laiknya di liga-liga top Eropa.

Baca juga: Pemain Sporting Kansas City positif COVID-19
Baca juga: Copa Libertadores akan dimulai kembali September

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020