Kunci keberhasilan proses belajar di rumah bagi anak

Kunci keberhasilan proses belajar di rumah bagi anak

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini dilakukan di tengah tatanan normal baru yang mengharuskan para orangtua, keluarga, dan sekolah menyesuaikan cara pengasuhan dengan kondisi yang sedang terjadi.

“Hal terpenting dalam kegiatan pembelajaran di rumah adalah menciptakan suasana yang nyaman agar anak-anak tidak jenuh dan dapat tetap semangat dalam melakukan kegiatan belajar,” ujar Saskhya Aulia Prima, Psikolog, Rumah Konsultasi Tiga Generasi dalam siaran resmi, Kamis.

“Komunikasi yang lancar antara sekolah dan orangtua, terutama mengenai materi pembelajaran dan tantangan yang mungkin dihadapi orangtua saat di rumah, juga menjadi kunci keberhasilan proses belajar di rumah untuk anak-anak.”

Baca juga: Tips untuk orangtua yang kehabisan ide permainan bersama anak di rumah

Baca juga: Cara tingkatkan kemampuan bersosialisasi si anak tunggal


Saskhya juga memberikan kiat agar orangtua menerapkan rutinitas meskipun di rumah saja.

Rutinitas yang dapat diprediksi dan dilakukan secara terus-menerus, mampu memberikan perasaan yang aman, tenang, dan nyaman di tengah kondisi yang sedang tidak menentu ini.

“Orang tua perlu ingat, bahwa kita bukan menghadapi anak kecil, tapi orang dewasa yang masih kecil, sehingga kita perlu mempersiapkan rumah sebagai wadah yang mampu membantu mereka menghadapi tantangan di masa depan.”

Orangtua juga berperan penting dalam menumbuhkan minat dan bakat anak.

Farraas Afiefah Muhdiar, Psikolog, Rumah Konsultasi Tiga Generasi, mengatakan minat yang merupakan ketertarikan anak pada suatu kegiatan, perlu dieksplorasi sejak dini.

Sebaiknya untuk anak-anak di usia dini fokusnya tidak hanya pada satu minat saja.

“Minat dan bakat pada kegiatan seni dan olahraga justru sangat berpengaruh pada faktor kognitif anak atau kecerdasannya. Oleh karena itulah, saat sedang pembelajaran di rumah ini, menjadi momen yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai minat anak melalui bermacam-macam kegiatan,” kata Farraas.

Baca juga: Anak sekolah dari rumah, ini yang sebaiknya dilakukan orangtua

Baca juga: Tips belajar di rumah pakai Google Earth

Baca juga: Fitur tanya-jawab, favorit siswa selama belajar "online"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Keluarga, terapis terbaik anak berkebutuhan khusus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar