Jakarta (ANTARA) - Google ikut merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis, 23 Juli, dengan memajang doodle pada laman mesin pencari.

Google Doodle tersebut tampak sejumlah permainan tradisional, seperti layang-layang dan juga sejumlah kreasi dari kertas lipat menyerupai kapal dan pesawat terbang.

Dalam gambar warna-warni yang identik dengan warna rakasasa mesin pencari tersebut juga tampak sejumlah anak menggunakan kostum bergembira bermain permainan trdisional tersebut.

Baca juga: Google Doodle rayakan HUT 101 Ani Idrus, siapakah dia?

Baca juga: Mengenal tokoh di Google Doodle hari ini, Dr Ignaz Semmelweis


Google doodle tersebut dapat dilihat ketika mengakses laman web Google di browser PC atau laptop, maupun smartphone.

Saat mengeklik doodle tersebut, pengguna akan diarahkan ke laman pencarian tentang Hari Anak Nasional. Perayaan Hari Anak diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di seluruh dunia.

Jika Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November, di Indonesia Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 yang disahkan pada 19 Juli 1984.

Dalam laman pencarian tentang Hari Anak Nasional, Google juga menyajikan daftar pertanyaan yang sering diajukan untuk mengetahui lebih dalam tentang Hari Anak Nasional, di antaranya "Apa makna Hari Anak Nasional?" dan "Kapan Hari Anak Sedunia diperingati?"

Jawaban dari daftar pertanyaan tersebut bisa langsung didapatkan dalam kolom box dengan mengklik panah yang mengarah ke bawah.

Baca juga: Peringatan pengesahan Subak di balik tampilan Google Doodle hari ini

Baca juga: Usir bosan lewat game di Google Doodle

Baca juga: Google Doodle sampaikan terima kasih kepada para petugas medis

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020