Sebaiknya Pemerintah tetap mengumumkan perkembangan kasus harian penyebaran COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Pemerintah mengumumkan perkembangan kasus COVID-19 di Tanah Air melalui media televisi, tidak hanya melalui situs www.covid19.go.id.

"Sebaiknya Pemerintah tetap mengumumkan perkembangan kasus harian penyebaran COVID-19 di Indonesia lewat media televisi, mengingat media televisi merupakan sarana yang lebih tepat dibandingkan situs internet," kata Bamsoet melalui keterangan di Jakarta, Kamis.

Pernyataan Bamsoet itu merespons keputusan Pemerintah untuk tidak lagi mengumumkan perkembangan kasus harian COVID-19 melalui siaran langsung Youtube maupun televisi, dan mengalihkannya ke situs www.covid19.go.id.

Bamsoet mengatakan media televisi dapat menyampaikan berita atau pesan berkaitan dengan COVID-19 hingga ke masyarakat di daerah. Selain itu, tidak semua daerah memiliki akses internet terutama di pelosok.
Baca juga: Bamsoet dukung pelaksanaan Munas SOKSI secara "hybrid"
 

Bamsoet juga mendorong Pemerintah agar dalam menyampaikan informasi terkait perkembangan kasus harian penyebaran COVID-19 terus mengedepankan transparansi data yang akurat, sehingga penanganan dapat dilakukan secara tepat dan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya COVID-19, mengingat laporan perkembangan kasus harian merupakan salah satu aspek penting dalam penanganan pandemi.

"Agar masyarakat memahami peta penyebaran COVID-19 serta bisa mengambil langkah antisipasi," ujarnya pula.

Selain itu, politisi Golkar itu juga mendorong pemerintah daerah melakukan evaluasi terkait perkembangan kasus COVID-19 di setiap daerah secara berkala dengan didukung oleh data COVID-19 yang akurat dan riil, sehingga upaya penanganan dan pencegahan dapat berjalan dengan lancar dan optimal sesuai target pemerintah.
Baca juga: Ketua MPR jadi Ambassador Modifikasi Indonesia NMAA

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020