Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal
Jakarta (ANTARA) - Rail Express, layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk jasa angkutan ritel, mencatatkan kenaikan pengangkutan barang sebesar 73 persen pada Juni 2020 atau telah melayani 10.581 ton dibanding Mei 2020 sebesar 6.103 ton.

“Kami sangat mengapresiasi pelanggan KAI yang telah mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express. Kami akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat, aman,” ujar Humas KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menyebutkan tarif Rail Express, misalnya untuk rute Jakarta ke Bandung Rp600/kilogram, Jakarta ke Surabaya Rp1.500/kilogram, dan Jakarta ke Malang cuma Rp1.700/kilogram. Tarif yang dikenakan adalah minimal lima kilogram, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas mesin.

“Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal,” kata Joni.

Ia menjelaskan layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang ritel di antaranya paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya.

Baca juga: Layanan penumpang dihentikan, KAI hanya layani angkutan barang

Baca juga: KAI Daop Surabaya maksimalkan kereta barang saat PSBB

Baca juga: KAI Daop 7 Madiun maksimalkan layanan angkutan barang


Pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan. Layanan Rail Express tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa

Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur. Pada bulan Juni angkutan pangan yang dilayani sebanyak 693 ton, meningkat 49 persen dibanding bulan Mei sebanyak 464 ton.

“Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditas termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan,” tambah Joni.

Beberapa bahan pangan yang menjadi favorit masyarakat untuk dikirim melalui Rail Express pada Juni yaitu tahu susu, sebanyak 327 ton dari wilayah Kertosono, Nganjuk, dan Jombang dengan tujuan DKI Jakarta, kebab sebanyak 48 ton dari Surabaya menuju Jakarta, dan makanan kemasan 47 ton dari dan menuju berbagai wilayah.

Baca juga: Bank Mandiri-KAI kerja sama layanan dan penguatan kapasitas SDM

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020