Pengadilan India telah memutuskan 98 WNI jamaah tablig yang mengajukan 'plea bargain' (pengakuan bersalah) dijatuhi hukuman denda sebesar 10 ribu rupee atau sekitar Rp2 juta
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 98 jamaah tablig Indonesia yang mengajukan plea bargain atau pengakuan  bersalah telah melanggar hukum di India, dijatuhi hukuman denda.

Puluhan WNI tersebut merupakan sebagian dari total 436 WNI jamaah tablig yang terganjal kasus hukum dan telah mengikuti persidangan di India pada 14-16 Juli 2020.

“Pengadilan India telah memutuskan 98 WNI jamaah tablig yang mengajukan plea bargain dijatuhi hukuman denda sebesar 10 ribu rupee atau sekitar Rp2 juta,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pengarahan media secara virtual dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: WNI jamaah tablig yang tersangkut kasus hukum di India telah bebas
Baca juga: Presiden RI bahas isu jamaah tablig dengan PM India


Sebagian besar dakwaan yang dikenakan terhadap ratusan jamaah tablig asal Indonesia itu di antaranya terkait pelanggaran visa, pelanggaran aturan kekarantinaan, dan pelanggaran aturan penanganan bencana.

Kemlu RI mencatat 751 jamaah tablig Indonesia tersebar di 12 negara bagian India.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 19 orang telah dipulangkan ke Tanah Air setelah selesai proses persidangan dan exit permit, sehingga saat ini masih terdapat 732 WNI jamaah tablig di India.

Menlu Retno menegaskan bahwa KBRI New Delhi dan KJRI Mumbai terus berupaya memberikan pendampingan kekonsuleran dan memelihara komunikasi dengan para jamaah.

Perwakilan RI di India tersebut juga memfasilitasi pemulangan WNI melalui mekanisme repatriasi mandiri jika seluruh proses hukum dan izin keimigrasian telah selesai.

Baca juga: WNI jamaah tablig yang bermasalah hukum di India telah direpatriasi
Baca juga: Gandeng ASEAN, Indonesia berupaya pulangkan jamaah tablig dari India


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020