Tinggal kami menunggu arahan dari manajemen kapan kami dikumpulkan
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persik Kediri Joko Susilo segera mengumpulkan para pemainnya untuk kembali memulai latihan dalam menyongsong lanjutan Liga 1 Indonesia yang akan dimulai pada 1 Oktober mendatang.

"Bagi kami secepatnya ingin berkumpul. Kami ingin persiapan akan semakin baik untuk mempersiapkan segala sesuatunya," ujar Joko seperti dilansir laman Liga Indonesia yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, manajemen Persik memperpanjang libur pemain karena regulasi dari PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB), selaku operator, dinilai masih mengambang dan belum memberikan kejelasan.

Baca juga: Presiden Persik: Kompetisi di tengah pandemi sangat berisiko

Namun, PT. LIB beberapa waktu lalu kembali mengirimkan surat serta telah menggelar pertemuan secara daring bersama perwakilan klub perihal teknis kompetisi.

Joko mengatakan sejumlah keputusan PT. LIB kemudian bisa diterima oleh pihak klub, termasuk soal protokol kesehatan yang akan diterapkan dalam setiap pertandingan.

"Ya bagus protokol kesehatannya ketat karena untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," kata dia.

Di samping itu, mantan pelatih Arema FC itu pun lega sebab Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah memberikan lampu hijau dimulainya kompetisi.

Baca juga: PSSI kantongi izin Satgas Penanganan COVID-19 untuk gulirkan liga
Baca juga: PSSI: Satgas COVID-19 bantu sediakan 'swab test' saat kompetisi

Menurutnya, kini proses pengumpulan pemain tinggal menunggu arahan dari manajemen Macan Putih.

"Kita sudah melakukan zoom meeting dengan manajemen. Tinggal kami menunggu arahan dari manajemen kapan kami dikumpulkan," kata dia.

Sebelumnya, PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru menyatakan Liga 1 Indonesia bakal menggelar lanjutan kompetisi pada Oktober.

Beberapa poin dalam koordinasi terakhir PT. LIB bersama klub yakni setiap tim wajib menurunkan dua pemain U-21 dalam setiap laga, klub boleh melakukan pergantian sebanyak lima pemain, tak ada degradasi, hingga pertandingan dipusatkan di pulau Jawa.

Baca juga: LIB berkomitmen berikan subsidi Rp800 juta per bulan untuk klub Liga 1
Baca juga: LIB: 13 tim ajukan stadion kandang selama lanjutan Liga 1 2020

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020