Jakarta (ANTARA) - Aston Villa, Watford dan Bournemouth masih terancam terdegradasi ke kasta kedua bersama Norwich City menjelang rangkaian laga pekan pemungkas Liga Premier Inggris yang bakal berlangsung serempak pada Minggu (26/7).

Pada pertandingan sebelumnya, Villa meraih kemenangan mengejutkan atas finalis Piala FA musim ini, Arsenal, guna meninggalkan zona merah untuk sementara, dibantu hasil buruk yang diderita Watford kala jadi bulan-bulanan tamunya Manchester City.

Baca juga: Trezeguet bawa Aston Villa jauhi zona degradasi setelah bekuk Arsenal

Di sisi lain, satu kemenangan dalam delapan pertandingan sejak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi boleh jadi bakal bermakna lebih bagi Bournemouth ketika menutup musim.

Saat ini, Villa menempati urutan ke-17 dengan koleksi 34 poin mengungguli Watford, yang punya poin setara, berdasar selisih gol yakni defisit 26 berbanding defisit 27. Bournemouth membayangi di urutan ke-19 lewat 31 poin dan defisit 27 gol.

Ketiga tim tentu saja bakal mati-matian supaya bisa tetap berkompetisi di kasta tertinggi dan tak turun ke Divisi Championship musim depan ketika menjalani pekan pemungkas, yang kebetulan sama-sama memainkan laga tandang.

Baca juga: Watford di ambang degradasi setelah dihajar Manchester City 0-4

Di laga pekan pemungkas Villa boleh dibilang punya lawan yang relatif lebih mudah, yakni West Ham United, tim peringkat ke-15 yang baru saja mengamankan diri dari ancaman degradasi.

Watford boleh dibilang punya tantangan lebih berat, selain menghadapi Arsenal mereka juga masih dibayangi kondisi ruang ganti yang tak ideal menyusul pemecatan Nigel Pearson beberapa hari lalu.

Tetapi itu semua tidak ada apa-apa dibandingkan tantangan Bournemouth yang menghadapi Everton dan nasibnya sangat terpengaruh oleh hasil pertandingan Villa maupun Watford.

Baca juga: Bournemouth di ambang degradasi setelah dipecundangi Southampton

Berikut adalah syarat dan ketentuan masing-masing tim untuk bisa menghindari degradasi dari Liga Premier.

Aston Villa aman dari degradasi jika:

- Menang melawan West Ham dan di pertandingan lain Watford gagal meraih tiga poin penuh, tak peduli hasil Bournemouth.
- Menang melawan West Ham dan di laga lain Watford menang, tetapi dengan selisih skor sama atau lebih kecil dibandingkan Villa, tak peduli hasil Bournemouth.
- Imbang melawan West Ham dan di pertandingan lain baik Watford maupun Bournemouth tidak menang.
- Kalah melawan West Ham, tetapi Watford kalah dan Bournemouth tak meraih tiga poin penuh.

Baca juga: Bos Villa ingin buktikan anggapan orang salah

Watford aman dari degradasi jika:

- Menang melawan Arsenal dan di pertandingan lain Villa kalah atau imbang, tak terpengaruh hasil Bournemouth.
- Menang melawan Arsenal dan di pertandingan lain Villa menang, tetapi dengan selisih skor dua gol lebih kecil dibandingkan Watford, tak peduli hasil Bournemouth. Semisal, Watford menang 3-0, maka Villa hanya boleh menang 1-0 agar Watford lah jadi tim yang menghindari degradasi. Jika Watford menang 1-0 dan Villa menang 1-0, maka Villa yang aman.
- Imbang melawan Arsenal, tetapi di pertandingan lain Villa kalah, tak peduli hasil Bournemouth.
- Kalah melawan Arsenal dan di laga lain Villa juga kalah dengan selisih skor dua gol lebih banyak dibandingkan Watford, serta Bournemouth gagal meraih tiga poin penuh. Semisal, Watford kalah 0-1 dan Villa kalah 0-3, maka Watford aman dari degradasi.

Baca juga: Pelatih interim Watford suarakan semangat optimisme

Bournemouth aman dari degradasi jika:

- Menang melawan Everton dan di pertandingan lain Villa maupun Watford kalah dari lawannya masing-masing.

Baca juga: Howe yakin Bournemouth masih ada harapan
Baca juga: Skenario perebutan empat besar MU, Chelsea dan Leicester
Baca juga: Klasemen Liga Inggris selepas Liverpool jalani upacara angkat trofi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020