Kosta Rika dapat pinjaman 300 juta dolar AS untuk stabilkan ekonomi

Kosta Rika dapat pinjaman 300 juta dolar AS untuk stabilkan ekonomi

Warga antre untuk mendapatkan labu siam gratis yang dibagikan oleh petani sayur dan buah-buahan lokal yang tidak bisa mengekspor produk pertaniannya akibat merebaknya wabah COVID-19 di Kota San Jose, Kosta Rika, Senin (13/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Juan Carlos Ulate/wsj.

San Jose (ANTARA) - Bank Sentral Amerika untuk Integrasi Ekonomi pada Kamis menyetujui pinjaman senilai 300 juta dolar AS (sekitar Rp4,4 triliun) untuk Kosta Rika untuk membantu menstabilkan ekonomi lokal.

Perekonomian Kosta Rika telah terpukul oleh aturan pembatasan sosial yang bertujuan untuk menahan penyebaran virus corona baru.

Pinjaman itu akan memungkinkan pemerintahan Presiden Carlos Alvarado untuk mengatasi keadaan darurat fiskal yang diperburuk oleh dampak pandemi COVID-19.

Pandemi penyakit virus corona baru itu dapat menyebabkan kontraksi produk domestik bruto (PDB) Kosta Rika sebesar 5,5 persen tahun ini, menurut perkiraan terbaru oleh Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin dan Karibia.

Sejumlah aksi protes di jalanan dipicu oleh dampak ekonomi dari wabah virus corona yang melonjak pada pekan ini di Kosta Rika.

Wabah COVID-19 telah menewaskan 80 orang dan menginfeksi 13.129 orang lainnya di Kosta Rika, menurut data resmi pemerintah.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kosta Rika akan mulai pembicaraan dengan IMF mengenai pinjaman

Baca juga: Seiring peningkatan pandemi, AS catat lebih dari 4 juta kasus COVID-19

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KPU Sultra siapkan bilik khusus pemilih terpapar COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar