Fitur verifikasi muka mitra driver, inovasi terbaru #AmanBersamaGojek

Fitur verifikasi muka mitra driver, inovasi terbaru #AmanBersamaGojek

Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver. (ANTARA/HO)

...memastikan pengalaman yang aman dan nyaman saat menggunakan layanan Gojek
Jakarta (ANTARA) - Gojek, super-app terdepan di Asia Tenggara, meningkatkan keamanan pelanggan dan mitra melalui inovasi baru Verifikasi Muka mitra driver yang berfungsi melakukan verifikasi identitas mitra sebelum menerima pesanan pelanggan.

Fitur Verifikasi Muka atau facial recognition ini adalah teknologi pengenalan wajah lewat "selfie" baik saat pertama kali login di aplikasi ataupun secara acak saat mitra driver sedang mengaktifkan aplikasi.

Fitur itu merupakan bagian komitmen Gojek untuk terus menjaga keamanan seluruh ekosistemnya melalui berbagai inovasi, serta menjawab kebutuhan mitra dan pelanggan akan layanan yang semakin aman dan nyaman. Fitur Verifikasi Muka ini memperkuat inisiatif #AmanBersamaGojek yang telah diluncurkan di awal tahun ini.

Hans Patuwo, Chief of Operations Officer Gojek mengatakan bahwa teknologi Verifikasi Muka pada aplikasi driver, sangat krusial bagi keamanan ekosistem Gojek secara keseluruhan.

"Mitra Driver merupakan salah satu pihak yang memiliki peranan penting dalam seluruh aktivitas maupun transaksi dalam ekosistem Gojek. Fitur Verifikasi Muka dapat menjamin kesesuaian data dan informasi sekaligus melindungi keamanan akun mitra driver dari potensi tindak kejahatan atau penyalahgunaan akun. Bagi pelanggan, penerapan fitur ini di aplikasi driver memastikan pengalaman yang aman dan nyaman saat menggunakan layanan Gojek," kata Hans Patuwo dalam siaran pers hari ini.
 
Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver. (ANTARA/HO)


Dalam menghadirkan fitur Verifikasi Muka, Gojek mempertimbangkan kemudahan serta kenyamanan mitranya. Untuk itu, Gojek menerapkan verifikasi muka, teknologi canggih dengan tingkat akurasi tertinggi.

Hal itu membuat proses verifikasi berlangsung dalam waktu yang singkat, sehingga tidak mengganggu mitra driver saat harus melakukan verifikasi sebelum maupun setelah menjalankan transaksi.

Irwanto Mitra Driver Gojek dari Jakarta mengatakan, "Fitur itu sangat kami nantikan. Akun jadi semakin aman, terhindar dari upaya oknum-oknum yang berusaha membajak akun mitra driver Gojek. Di sisi lain, kepercayaan pelanggan juga pasti meningkat. Mereka jadi enggak perlu ragu driver yang datang berbeda dengan yang di aplikasi. Kepercayaan pelanggan akan menguntungkan bagi kami mitra driver di lapangan.”

Baca juga: Pemerintah apresiasi inisiatif J3K, upaya Gojek bangkitkan ekonomi

Baca juga: "Program Solidaritas COVID-19", upaya Gojek bekali mitra GoLife


Fitur Verifikasi Muka merupakan bagian dari Gojek SHIELD, yaitu rangkaian teknologi keamanan canggih dan komprehensif dalam aplikasi Gojek yang dibangun oleh tim kelas dunia untuk melindungi pelanggan dan mitra.

Sebelumnya, Gojek SHIELD telah meluncurkan berbagai inovasi keamanan diantaranya penyamaran nomor telepon untuk melindungi data pribadi pelanggan dan mitra; intervensi chat yang memberi peringatan kepada pelanggan jika ada aktivitas yang terdeteksi mencurigakan; serta teknologi berbasis kecerdasan buatan yang mampu mengidentifikasi berbagai jenis penggunaan aplikasi secara ilegal.
Fitur Verifikasi Muka Mitra Driver. (ANTARA/HO)


Inovasi Verifikasi Muka juga merupakan kelanjutan dari perangkat keamanan lainnya yang sudah tersedia di aplikasi Gojek seperti Tombol Darurat, dan Fitur Bagikan Perjalanan.

Gojek turut mendorong keterlibatan pengguna dalam upaya meningkatkan kualitas layanan. Selain dengan memberikan penilaian atau rating yang akurat di akhir transaksi, secara bertahap pelanggan juga akan dapat memberikan masukan di tengah-tengah perjalanan terkait beberapa hal yang menjadi standar layanan Gojek, antara lain kelengkapan dan kesesuaian atribut, kelayakan kendaraan, perilaku berkendara, ataupun sikap dan tata krama mitra dalam melayani penumpang.

Selain melalui teknologi, Gojek juga mengedepankan langkah edukasi dalam memastikan keamanan pelanggan dan mitra driver.

Bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Universitas Gadjah Mada, Gojek mengambil langkah terdepan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat terkait keamanan.

“Pemahaman ataupun literasi masyarakat, penting untuk melengkapi inovasi teknologi yang telah kami terapkan. Kombinasi dua hal tersebut, menjadi kunci utama untuk memastikan setiap pengguna baik mitra driver maupun pelanggan bisa terus #AmanBersamaGojek,” tutup Hans.

Baca juga: Gojek tunjuk tokoh senior industri teknologi sebagai CTO

Baca juga: UMKM mitra Gojek dapat akses kredit bunga ringan dari DigiKu

Baca juga: Gojek berkolaborasi dengan Lifebuoy tingkatkan protokol kesehatan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ojol beroperasi, ini prosedur kesehatan Gojek dan Grab

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar