Kalteng raih lima penghargaan tingkat nasional program kependudukan

Kalteng raih lima penghargaan tingkat nasional program kependudukan

Kepala Perwakilan BKBBN Provinsi Kalteng, Mhd Irzal (memebang piagam) bersama pemerintah Provinsi Kalteng usai mengikuti penyerahan piagam secara virtual di Palangka Raya, Jumat (24/7/2020). ANTARA/Rendhik Andika

mengapresiasi kerja sama dan dukungan pemerintah daerah
Palangka Raya (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih lima penghargaan tingkat nasional terkait pelaksanaan program layanan kependudukan yang digelar beberapa waktu lalu menyambut hari keluarga nasional (Harganas) 2020.

"Ini momen yang berharga sekali untuk Kalimantan Tengah di pertengahan tahun ini. Kalteng berhasil meraih lima penghargaan nasional yang terdiri dari tiga penghargaan setingkat provinsi dan dua lainnya tingkat kabupaten/kota dalam pelaksanaan program layanan KB serentak," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimatan Tengah, Mhd Irzal di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, lima penghargaan itu terdiri dari juara dua kategori provinsi dengan target pelayanan KB 10.000-75.000 akseptor dengan nilai akhir 423,6. Kemudian juara tiga kategori provinsi terbaik kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dan kategori inovasi gerakan cegah putus pakai kontrasepsi para masa pandemi COVID-19.

Selanjutnya dua kategori kabupaten/kota yakni juara dua dengan target pelayanan KB 500-1.500 akseptor yang diraih Kabupaten Katingan dan juara harapan dua kategori kabupaten/kota terbaik pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang juga diraih Kabupaten Katingan.

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, BKKBN Kalteng lakukan tes cepat massal
Baca juga: 66 pegawai BKKBN cap jempol darah wujudkan zona bebas korupsi


Menurut Irzal, piagam tingkat nasional dalam program pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang merupakan rangkaian acara peringatan hari keluarga nasional (Harganas) 2020 itu merupakan indikasi keberhasilan program kependudukan di Kalimantan Tengah.

"Lima piagam penghargaan ini juga mengindikasikan bahwa program kependudukan yang dilaksanakan BKKBN bersama pemerintah daerah di Kalteng berhasil dilaksanakan dan semakin tersosialisasi dengan baik untuk masyarakat," katanya.

Untuk itu, dia pun mengapresiasi kerja sama seluruh pihak baik pemerintah daerah maupun para mitra yang selalu mendukung pelaksanaan program kependudukan yang dilaksanakan BKKBN di Kalimantan Tengah.

Baca juga: BKKBN: Kalteng miliki 15 Kampung KB percontohan
Baca juga: BKKBN-Pemprov Kalteng berkolaborasi berantas kekerdilan


Pernyataan itu diungkapkan Irzal usai penyerahan piagam penghargaan tingkat nasional yang dilakukan secara virtual dimana untuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan di Aula Jaya Tinggang komplek Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo saat penyerahan penghargaan secara virtual mengatakan program pembangunan keluarga harus mendapat perhatian pemerintah baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Hal itu, lanjut dia, karena program pembangunan keluarga juga sudah tercantum dalam undang-undang.

"Pada hari ini kami juga berterima kasih dan mengapresiasi kerja sama dan dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkan visi-misi BKKBN untuk mewujudkan pertumbuhan penduduk seimbang dan mewujudkan keluarga berkualitas," katanya.

Baca juga: BKKBN targetkan 2020 gunakan "brand" lebih milenial
Baca juga: BKKBN Kalteng terapkan zona integritas bebas korupsi

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar