Sepak Bola Nasional

Timnas Indonesia jalani tes usap COVID-19

Timnas Indonesia jalani tes usap COVID-19

Pemain timnas U-19 Braif Fatari mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di Jakarta, Jumat (24/7/2020). Kegiatan itu sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam pemusatan latihan (TC) timnas senior dan U-19 Indonesia yang rangkaian kegiatannya berlangsung 23 Juli-8 Agustus 2020. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Para pemain, pelatih dan ofisial tim nasional senior serta U-19 Indonesia menjalani tes usap (swab test) COVID-19 di Jakarta pada Jumat.

Dikutip dari keterangan resmi PSSI di Jakarta, anggota tim dokter timnas Ahmad Nizar menyebut, uji usap itu menjadi bagian dari penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2020.

"Hari ini kami melakukan swab test untuk timnas senior dan U-19. Ini sama dengan protokol di timnas U-16 yang sudah terlebih dahulu memulai TC," ujar Ahmad Nizar.

Baca juga: Timnas Indonesia jalani 'rapid test' begitu berkumpul di Jakarta

Meski demikian, dia menambahkan, belum semua pemain menerima uji tersebut. Ada empat nama yang belum bisa hadir di Jakarta yaitu Yakob Sayuri, Osvaldo Haay, Egy Maulana dan Ilija Spasojevic.

Secara umum, Ahmad Nizar menilai timnas senior dan U-19 dalam kondisi baik. Hanya saja dia mengakui seorang pemain timnas yang datang dengan keluhan.

"Kami sudah membawa yang bersangkutan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut," tutur Ahmad, tanpa menjelaskan lebih rinci gangguan yang dialami pemain tersebut.

Baca juga: PSSI: Timnas U-19 TC di Korsel pada Agustus 2020

Salah satu pemain timnas U-19, Ernando Ari mengapresiasi penerapan protokol kesehatan selama TC timnas termasuk uji usap.

Dia pun menegaskan siap melakukan instruksi yang diberikan tim dokter timnas demi meniadakan penyebaran COVID-19 di skuat Garuda.

"Protokol yang harus dijalankan seperti harus menggunakan masker ke mana-mana dan selalu mencuci tangan," kata Ernando.

Baca juga: Shin Tae-yong tiba di Jakarta

Tim nasional dan U-19 Indonesia mulai menjajal lapangan pada Sabtu (25/7). TC itu dijadwalkan berlangsung sampai 8 Agustus 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Baca juga: Indonesia satu grup dengan tuan rumah di Piala Asia U-19 2020

Bagi timnas Indonesia, TC itu sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, PSSI ingin timnas mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Skuat ini diproyeksikan menjadi timnas U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: PSSI: Satgas COVID-19 bantu sediakan 'swab test' saat kompetisi
Baca juga: PSSI kantongi izin Satgas Penanganan COVID-19 untuk gulirkan liga

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taklukkan Indonesia, pelatih dan pemain Korea puji Abraham Damar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar