Jakarta (ANTARA) - Gelandang Persija Jakarta Evan Dimas Darmono menganggap berkarier di luar negeri merupakan pengembangan mental yang tepat untuk para pesepak bola Tanah Air.

Pada 2018 silam, pemain asal Surabaya itu membela klub Liga Malaysia Selangor FA. Total Evan mencatatkan 20 penampilan saat berseragam klub berjuluk Gergasi Merah itu.

"Menurut saya sangat penting untuk memiliki pengalaman berkarier di luar negeri apalagi banyak pemain yang sudah bermain di timnas terkadang membuat cepat puas," kata pemain bernomor punggung enam itu seperti dikutip dari laman resmi Persija Jakarta yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Evan Dimas terus persiapkan fisik untuk tampil di Liga 1

"Namun saat bermain di luar negeri, mindset kita seperti mulai dari nol lagi. Apalagi hitungannya kita dianggap sebagai pemain asing. Hal itu yang membuat mental bermain kita terasah untuk membuktikan kita tidak sama dengan pemain lokal sana," katanya.

Evan menambahkan bahwa bermain di luar negeri juga sangat banyak memberikan pelajaran bagi dirinya, terutama saat berhadapan dengan pemain dari berbagai negara.

"Ditambah lagi bermain di luar negeri banyak memberikan pengalaman yang baik buat karier kita sendiri. Kalau skill maupun taktik bisa saja kita dapatkan di sini, namun mental dan pengalaman pastinya lebih bagus saat bermain di luar negeri," pungkasnya.

Baca juga: Evan Dimas wujudkan mimpi bela klub besar setelah direkrut Persija

Sebelum bermain untuk Selangor, Evan sebenarnya berkesempatan mengikuti uji coba di klub strata kedua Spanyol Llagostera pada 2015 silam.

Selanjutnya pada 2016, ia mengikuti program latihan selama empat bulan di Espanyol B. Sayangnya saat di Espanyol ia mengalami cedera dan gagal bersinar di sana. Pada Juni 2016, Evan kemudian kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Bhayangkara FC.

Baca juga: Persija Jakarta resmi datangkan Evan Dimas
Baca juga: Evan Dimas tak pusingkan teror di rumahnya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020