Pengacara ajukan penundaan ekstradisi bos Huawei Meng Wanzhou

Pengacara ajukan penundaan ekstradisi bos Huawei Meng Wanzhou

Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou mendapat pengawalan petugas keamanan saat meninggalkan ruang sidang hari kedua ekstradisi dirinya di Mahkamah Agung Vancouver, British Columbia, Kanada (21/1/2020). ANTARA/REUTERS/Jennifer Gauthier/aa.

Kanada (ANTARA) - Pengacara dari Meng Wanzhou, bos keuangan Huawei Technologies, mengajukan permohonan ke pengadilan Kanada agar proses ekstradisi kliennya ke Amerika Serikat ditunda, menurut dokumen yang dirilis, Kamis.

Permintaan yang diajukan pengacara Meng itu sebagian didasarkan pada apa yang disebutnya sebagai penghancuran integritas terhadap proses peradilan oleh Presiden AS Donald Trump dan pejabat senior pemerintahannya, yang bertujuan untuk memanfaatkan Meng "sebagai alat tawar-menawar dalam sengketa dagang" (AS-China).

Meng ditangkap di Bandara Internasional Vancouver dengan surat perintah penangkapan dari Amerika Serikat pada Desember 2018.

Otoritas AS menuduh Meng melakukan penipuan bank lantaran mengelabui HSBC soal hubungan Huawei dengan perusahaan yang beroperasi di Iran sehingga berisiko membuat HSBC dikenai denda dan hukuman karena melanggar sanksi AS terhadap Teheran.

Sumber: Reuters

Baca juga: Intelijen Kanada peringatkan kasus Huawei akan kejutkan dunia

Baca juga: Huawei kalah di persidangan Kanada soal ekstradisi

Baca juga: China minta Kanada bebaskan petinggi Huawei

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Aa Gym: masyarakat jangan mudik!

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar