Jakarta (ANTARA) - Atalanta menghentikan tren tiga kemenangan beruntun AC Milan dengan menahan imbang mereka 1-1 pada pertandingan Liga Italia putaran ke-36 yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan, Jumat setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Tuan rumah Milan memimpin terlebih dahulu melalui gol Hakan Calhanoglu pada menit ke-14, sebelum Duvan Zapata menyamakan kedudukan pada menit ke-34, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Bagi Atalanta, tambahan satu poin hanya memangkas keunggulan Juventus di pucuk klasemen menjadi lima poin. La Dea berada di peringkat kedua dengan 75 poin, dan unggul tiga poin atas Inter Milan yang berada di peringkat ketiga.

Sedangkan Milan mengokohkan genggamannya di posisi keenam sekaligus spot Eropa terakhir dengan 60 poin. Mereka unggul empat poin atas tim peringkat ketujuh Napoli.

Atalanta memulai pertandingan dengan energi berlebih dan kerap menebar ancaman. Alejandro Gomez dan Ruslan Malinovskyi mencoba peruntungannya dengan melepaskan sepakan jarak jauh yang masih melebar.

Baca juga: Atalanta kalahkan Bologna 1-0 untuk samai rekor gol terbanyak Serie A

Namun justru Milan yang mampu memecah kebuntuan melalui gol Calhanoglu. Tendangan bebas pemain Turki itu dari sisi kiri sukses melewati pagar betis dan kiper Pierluigi Gollini, untuk bersarang ke sudut atas gawang Atalanta.

Pada menit ke-24 Lucas Biglia dinyatakan melanggar Malinovskyi di kotak terlarang. Setelah mendapat protes dari para pemain Atalanta dan melihat tinjauan VAR, wasit Daniele Doveri memberikan hadiah penalti kepada tim tamu.

Malinoskyi sendiri yang menjadi algojo. Namun sepakannya ke tengah gawang dapat dengan mudah digagalkan kiper Milan Gianluigi Donnaruma.

Atalanta baru mampu menyamakan kedudukan sepuluh menit kemudian. Diawali Remu Freuler yang mendapat bola di lapangan tengah, ia kemudian berlari menembus pertahanan Milan, upaya pertamanya gagal menghasilkan gol, namun upaya keduanya mengenai Matteo Gabbia dan jatuh ke penguasaan Zapata, yang dengan tenang menaklukkan Donnarumma.

Baca juga: Klasemen Liga Italia setelah Atalanta rebut peringkat kedua
Baca juga: Dua gol Ibrahimovic antar AC Milan ke Liga Europa


Selanjutnya babak kedua

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020