Kepala Polda Jambi pantau kondisi hutan dan lahan dari udara

Kepala Polda Jambi pantau kondisi hutan dan lahan dari udara

Kepala Polda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi berpose di dekat helikopter setelah berpatroli untuk memantau kondisi hutan dan lahan di sebagian wilayah Jambi dalam upaya mitigasi kebakaran hutan dan lahan.(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi memantau kondisi hutan dan lahan di sebagian wilayah Jambi dari udara menggunakan helikopter bersama Komandan Resor Militer 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli sebagai bagian dari mitigasi kebakaran hutan dan lahan.

​​​​​​Setelah kurang lebih dua jam berpatroli menggunakan helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Jambi, Sabtu, Firman menjelaskan bahwa selama pemantauan tidak ada lahan yang terbakar namun ada beberapa lahan yang kondisinya mulai mengering dan rawan terbakar.

Berdasarkan hasil pemantauan, menurut dia, lahan di sebagian wilayah Tanjungjabung Timur, Tanjungjabung Barat, dan Muarojambi mulai mengering dan berisiko terbakar.

Lahan yang mengering, ia melanjutkan, antara lain terpantau ada di area Puding, Jebus, Seponjen, Sungai Gelam, dan Sogo di Kabupaten Muarojambi serta kawasan Sungai Cemara, Air Laut Hitam, Remau Bako Tuo, Dendang, dan Catur Rahayu di Tanjungjabung Timur.

"Yang dilihat dari udara adalah kondisi tanahnya terpantau kering, tetapi pepohonan masih basah," kata Firman.

Setelah memetakan area yang berisiko menghadapi kebakaran hutan dan lahan, ia mengatakan, kepolisian akan mengerahkan personel ke area-area yang dinilai rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan.

Di samping itu, menurut dia, sarana prasarana pendukung pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan akan disiagakan.

"Upaya edukasi kepada masyarakat juga harus terus diterapkan sebelum personel disebar ke lokasi lokasi rawan karhutla," katanya.

Baca juga:
Polda Jambi galakkan edukasi pencegahan karhutla
5.744 personel disiagakan untuk dukung penanggulangan karhutla Jambi

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tim udara Polda Babel temukan titik api di hutan lindung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar