Jakarta (ANTARA) - Meski pun sudah memutuskan tidak lagi menggunakan nama hidangan penutup untuk Android 10, rupanya Google masih akan menggunakan nama makanan untuk sistem operasi Android 11.

Wakil direktur Android untuk urusan teknik, Dave Burke, dalam sebuah wawancara mengatakan sistem operasi yang sedang dikembangkan diberi kode "Red Velvet Cake", dikutip dari laman The Verge.

Sejak Android muncul pada 2009 lalu, Google memberi nama Cupcake untuk Android 1.5. Tradisi tersebut berulang, Google menamai Android secara alfabetis dengan nama-nama makanan seperti Gingerbread dan Ice Cream Sandwich.

Baca juga: Google pastikan pesaing AirDrop segera meluncur

Baca juga: Microsoft rilis pratinjau aplikasi antivirus Android


Tapi, mulai tahun lalu, Google menamai Android 10, sebagai penerus Android 9 Pie, alih-alih menggunakan makanan berawalan huruf "Q".

Google akan menamai Android secara numerik setelah Android 10.

Wakil direktur manajemen produk Android, Sameer Samat, kepada The Verge tahun lalu mengatakan sebetulnya mereka masih menggunakan nama makanan untuk menyebut Android di kalangan internal.

Android Q, di kalangan orang dalam Google, dikenal sebagai "Quince Tart", bahkan akan dinamai "Queen Cake" jika masih memegang tradisi penamaan dengan makanan.

Red Velvet Cake, jika mengikuti tradisi lama Google, sesuai dengan Android 11, yang secara alfabetis bernama Android R.

Baca juga: Awas, malware BlackRock incar ratusan aplikasi populer Android

Baca juga: Emoji baru bakal bertebaran di iOS dan Android

Baca juga: Android 10 punya tingkat adopsi tercepat dari semua versi Android

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020