MotoGP

FP3 GP Andalusia saksi kecepatan Vinales dan ambisi Marquez

FP3 GP Andalusia saksi kecepatan Vinales dan ambisi Marquez

Ilustrasi - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (kiri) mendapat sapaan selamat dari rekan setimnya Valentino Rossi usai memenangi laga MotoGP Malaysia di Sepang International Circuit, Malaysia, Minggu (3/11/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Lai Seng Sin/foc.

Jakarta (ANTARA) - Sesi latihan bebas ketiga Grand Prix Andalusia di Jerez, Sabtu, dikuasai oleh Maverick Vinales yang masih tercepat di antara rival-rivalnya, sementara Marc Marquez berambisi tak ingin melewatkan balapan seri kedua itu kendati sedang cedera.

Pebalap tim pabrikan Yamaha itu merasa nyaman dengan setup baru motornya hingga mampu memperbaiki waktunya dari dua sesi latihan sebelumnya menjadi satu menit 36,584 detik, lebih cepat 0,121 detik dari rekor pole position Fabio Quartararo di seri pembuka akhir pekan lalu.

Quartararo sendiri hari ini terpaut marjin sangat tipis 0,059 detik dari pemuncak sesi untuk membawa dua Yamaha terdepan, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Nakagami puncaki FP2 GP Andalusia, Vinales tercepat secara keseluruhan

Satu menit jelang akhir sesi, pebalap tim satelit Ducati Jack Miller melakukan time attack untuk mendongkrak posisinya dari P12 ke P3, mengungguli Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda.

Rekan satu tim Miller, Francesco Bagnaia, menegaskan kecepatan duet tim Pramac Racing itu di peringkat lima besar, mengalahkan catatan pebalap tim pabrikan Ducati Danilo Petrucci di P6.

Rookie Brad Binder, yang sempat finis P3 di FP1, meneruskan tren positif KTM dengan finis P7 bersama rekan satu timnya Pol Espargaro di P9.

Dua pebalap KTM Factory Racing itu dipisahkan oleh Valentino Rossi, yang berjarak 0,404 dari Vinales di P8.

Rossi bisa saja naik ke P6, namun rekan satu timnya mampu memperbaiki catatan waktunya untuk memuncaki sesi.

Joan Mir dari tim Suzuki melengkapi finis sepuluh besar hari itu di kala rekan satu timnya, Alex Rins, yang akhir pekan lalu mengalami dislokasi bahu, kali ini melewatkan FP3 kendati turun di dua sesi latihan bebas sebelumnya.

FP3 juga menjadi momen kembalinya juara bertahan Marc Marquez. Enam hari setelah kecelakaan di Jerez dan empat hari pascaoperasi, Marquez mendapat lampu hijau dari tim untuk ambil bagian di sesi latihan Sabtu.

Baca juga: Vinales ungguli Rossi untuk puncaki FP1 Grand Prix Andalusia

Pebalap tim Repsol Honda itu sempat berada di P16 sebelum posisinya melorot ke P20 di akhir sesi yang berarti dia harus mengikuti sesi kualifikasi pertama bersama sejumlah pebalap yang gagal mengamankan posisi 10 besar latihan seperti Franco Morbidelli dan Andrea Dovizioso.

Marquez dan tim menggunakan kesempatan tersebut untuk mengevaluasi bagaimana tingkat cedera yang dialami dan apakah sang pebalap mampu mengendarai motornya sepanjang jarak lomba.

Cal Crutchlow, yang cedera tulang skafoid, juga kembali turun di sesi latihan hari ini.

Sepuluh pebalap tercepat dari tiga sesi latihan bebas pertama akan langsung mendapat tempat memperebutkan posisi start terdepan di Q2, sedangkan sisanya harus bertarung terlebih dahulu di Q1 di mana hanya dua pebalap tercepat di sesi ini yang bisa lolos ke sesi terakhir babak kualifikasi.

Baca juga: Bos Repsol Honda kabarkan kondisi terkini Marquez jelang GP Andalusia
Baca juga: Balapan kedua di Jerez, GP Andalusia akan penuh kejutan

Sepuluh besar catatan waktu setelah FP3
1 Maverick Viñales Monster Yamaha (YZR-M1) 1'36,584 detik
2 Fabio Quartararo Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,059 detik
3 Jack Miller Pramac Ducati (GP20) +0,126 detik
4 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) +0,258 detik
5 Francesco Bagnaia Pramac Ducati (GP20) +0,263 detik
6 Danilo Petrucci Ducati Team (GP20) +0,353 detik
7 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)* +0,354 detik
8 Valentino Rossi Monster Yamaha (YZR-M1) +0,404 detik
9 Pol Espargaro Red Bull KTM (RC16) +0,411 detik
10 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,469 detik

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkominfo prioritaskan infrastruktur TIK di KEK Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar