MotoGP

Quartararo rebut pole position GP Andalusia, Marquez menarik diri

Quartararo rebut pole position GP Andalusia, Marquez menarik diri

Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo melaju saat seri perdana MotoGP 2020 yang digelar tanpa kehadiran penonton karena pandemi COVID-19 di Circuito de Jerez, Spanyol, Minggu, 19 July 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Marcelo Del Pozo/aww.

Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo meraih pole position keduanya musim ini setelah menyingkirkan Maverick Vinales di menit-menit terakhir babak kualifikasi Grand Prix Andalusia, Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu.

Pebalap tim Petronas Yamaha itu mencatatkan waktu satu menit 37,007 detik untuk unggul 0,095 detik dari Vinales setelah Marc Marquez mengakhiri lebih awal sesi kualifikasi dan bakalan absen di balapan kedua musim ini karena masih dirundung cedera.

Francesco Bagnaia menjadi pebalap Ducati tercepat di sesi itu dan akan start dari P3 di samping kedua pebalap Yamaha tersebut, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: FP3 GP Andalusia saksi kecepatan Vinales dan ambisi Marquez
Baca juga: Balapan kedua di Jerez, GP Andalusia akan penuh kejutan
Baca juga: Perasaan Quartararo menangi MotoGP pertama kalinya


Valentino Rossi mendapati hasil terbaik kualifikasinya musim ini ketika finis 0,335 detik dari pemuncak sesi.

Sementara Miguel Oliveira memperlihatkan mesin KTM cukup kompetitif untuk lolos Q1 hingga merebut P5 di Q2 dengan terpaut marjin sangat tipis 0,002 detik dari The Doctor.

Kemudian Franco Morbidelli melengkapi jajaran pebalap yang start dari baris kedua di P6.

Rekan satu tim Bagnaia, Jack Miller mengamankan P7 untuk tim Pramac Racing di saat tak ada pebalap pabrikan Ducati yang lolos ke peringkat 10 besar.

Duet tim pabrikan Ducati, Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso, mendapati hasil kualifikasi yang kurang memuaskan setelah finis P11 dan P15.

Pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami, yang tampil tercepat di FP4, hanya mampu finis P8 di depan rookie KTM Brad Binder dan pebalap Suzuki Joan Mir.

Pol Espargaro gagal memperbaiki catatan waktunya setelah terjatuh di Tikungan 2. Sang pebalap KTM calon rekan satu tim Marc Marquez itu akan start dari P12.

Marquez batal tampil
Enam hari setelah kecelakaan di Jerez dan empat hari pasca operasi, Marquez mendapat lampu hijau dari tim untuk ambil bagian di sesi latihan dan kualifikasi pada Sabtu.

Marquez dan tim Repsol Honda menggunakan kesempatan tersebut untuk mengevaluasi bagaimana tingkat cedera yang dialami dan apakah sang pebalap mampu mengendarai motornya sepanjang jarak lomba.

Pebalap asal Spanyol itu menyelesaikan FP3 di posisi ke-19, berjarak 1,298 detik dari pemuncak sesi, dan di sesi latihan terakhir ia terpaut 0,999 detik dari Takaaki Nakagami yang tampil tercepat di FP4.

Baca juga: Marquez batal turun di Grand Prix Andalusia
Baca juga: Rossi siap balas kekecewaan di Jerez


Namun, sang juara bertahan harus kembali lebih dini ke garasinya ketika sesi kualifikasi pertama masih menyisakan lima menit.

Sang adik, Alex, juga sempat membuat timnya was-was ketika terlihat memegangi lengan kanannya setelah terjatuh di Tikungan 5 saat Q1. Namun Alex dinyatakan bebas dari cedera setelah insiden tersebut.

Tim Repsol Honda setelah itu menyatakan jika Marc tidak akan menjalani balapan GP Andalusia.

Cal Crutchlow, dengan cedera tulang skafoid, telah kembali membalap dan menyelesaikan kualifikasi di P13. Sementara Alex Rins, yang menderita dislokasi bahu, melewatkan FP3 hari ini namun tampil di Q1 untuk start dari P20 di balapan nanti.

Hasil kualfikasi GP Andalusia

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkominfo prioritaskan infrastruktur TIK di KEK Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar