Jakarta (ANTARA) - Nama Rini Sugianto telah menghiasi setidaknya beberapa kredit animasi di sejumlah film Hollywood. Mulai dari "The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn" (2011), "Iron Man 3" (2013), "Avengers: Age of Ultron" (2015), hingga "Ready Player One" (2019).

Berawal dari kecintaannya untuk menggambar, bermain dengan komputer, dan menyukai detail, membuat Rini menekuni pendidikan hingga program master di Academy of Art University di San Francisco, mengambil bidang animasi.

Detail, menurut wanita asal Lampung itu merupakan hal yang paling penting saat menganimasikan objek agar terlihat nyata.

"I love watching details. Kita pelajari bagaimana cara orang berkedip, kalau kita kan mikir mata menutup saja, padahal enggak se-simple itu," kata Rini melalui webinar Komunitas Tintin Indonesia, Sabtu.

Baca juga: Cerita animator film Hollywood asal Indonesia soal dampak COVID-19

Proyek film animasi pertamanya adalah "The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn" (2011), yang disutradarai oleh Stephen Spielberg dan diproduseri oleh Peter Jackson. Demi proyek ini, Rini meninggalkan Amerika Serikat dan pindah ke Selandia Baru, bergabung di studio animasi Weta Studio, yang dimiliki oleh Jackson.

"Pindah ke New Zealand (untuk 'Tintin') itu kayak the best decision I've made in my career. Ketika diberitahu ini untuk project 'Tintin' rasanya senang banget, karena riset untuk karakternya enggak lama, karena sudah familiar," kata perempuan yang menempuh pendidikan sarjana di jurusan Arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung tersebut.

Bekerja untuk dua sineas kondang seperti Spielberg dan Jackson juga meninggalkan kesan yang tak terlupakan untuknya. "Rasanya keren banget. Waktu itu dia (Spielberg) sebagai director bagus banget dan enak banget kerja bareng sama dia," kata Rini.


Bagaimana suka dan duka jadi animator?

Baca juga: Ingin jadi animator film terkenal? Simak kiat dari Rini Sugianto

Baca juga: Animator asli kecewa film "The Lion King"

Baca juga: Bedanya bikin kartun anak dan dewasa, menurut animator Shin-chan

 

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020