Sepak Bola Nasional

PSSI apresiasi seragam tandang timnas bertema khatulistiwa

PSSI apresiasi seragam tandang timnas bertema khatulistiwa

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) dan CEO Mills Tjia Kong Hou (kiri) berfoto di depan seragam tandang terbaru tim nasional Indonesia di toko Mills, Jakarta, Senin (27/7/2020). ‘Jersey terkini timnas itu bertema ‘khatulistiwa’. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - PSSI mengapresiasi seragam tandang terbaru tim nasional Indonesia yang bertema khatulistiwa produksi pabrikan nasional PT Mitra Kreasi Garmen dengan merek Mills.

Dalam peluncuran pakaian tandang terkini itu di toko resmi Mills, Jakarta, Senin, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa desain terkini itu membanggakan.

"Jersey ini sangat Indonesia. Warna putih melambangkan kesucian, hijau di tengah menggambarkan kesuburan Indonesia. Lalu ada corak garis khatulistiwa dengan kepulauan Indonesia dari Sumatera sampai Papua yang dapat terlihat jelas ketika bermain di malam hari,” ujar Iriawan.

Menurut purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu, rancangan pakaian tandang timnas tersebut tidak lepas dari permintaan PSSI kepada pihak Mills untuk menciptakan inovasi terbaru yang sarat dengan keIndonesiaan.

Baca juga: Mills luncurkan seragam kandang timnas Indonesia

PSSI ingin, melalui jersey yang akan dikenakan timnas di kejuaraan-kejuaraan internasional tersebut, produk buatan dalam negeri dapat dikenal luas oleh dunia.

“Saatnya produk dalam negeri dikenal secara luas baik di Indonesia maupun luar negeri. Kita tidak boleh kalah dari produk luar negeri. Apalagi tahun depan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Jersey hasil karya anak bangsa mesti dapat bersaing dengan merek-merek internasional,” kata Iriawan.

CEO Mills Tjia Kong Hou juga mengutarakan rasa bangga bisa membuat seragam resmi tim nasional Indonesia.

Tjia pun berharap pakaian buatan mereka dapat memotivasi timnas untuk berprestasi.

“Kami bangga, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk tim Garuda dan menunjukkan bahwa karya anak bangsa bisa bersaing di kancah internasional. Semoga jersey ini membawa hal positif untuk tim nasional Indonesia,” tutur Tjia.

Corak khatulistiwa dan gambar Kepulauan Indonesia dalam seragam tandang terbaru timnas Indonesia yang diluncurkan pada Senin (27/7/2020) di Jakarta. Motif Kepulauan Indonesia ini diklaim dapat terlihat lebih jelas ketika dipakai di malam hari. (Michael Siahaan)

Peluncuran seragam tandang timnas Indonesia pada Senin (27/7) menyusul pakaian kandang yang telah diperkenalkan pada April 2020.

Jika seragam kandang didominasi warna merah, seragam tandang timnas bercorak putih dengan warna hijau di bagian tengah. Di dalam tampilan hijau tersebut terdapat motif kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dihiasi dengan garis putih yang menggambarkan garis khatulistiwa. Motif kepulauan Indonesia itu akan tampak menyala di malam hari.

Tidak lupa, sama seperti pakaian kandang, lambang Garuda Pancasila ada di bagian sisi kiri dada. Di seberang gambar Garuda ada logo merek Mills.

Baca juga: Timnas Indonesia resmi gunakan seragam bermerek lokal

Mills mengikat kerja sama berdurasi dua tahun dengan PSSI untuk menyediakan kebutuhan tim nasional Indonesia di semua kelompok umur termasuk timnas putri sejak Februari 2020.

Mills juga mendukung kegiatan PSSI dengan menyediakan perlengkapan untuk kursus pelatih, wasit dan aktivitas asosiasi provinsi.

Seragam-seragam timnas Indonesia itu juga dijual kepada umum dengan rentang harga Rp389 ribu sampai Rp789 ribu.

Baca juga: Mills luncurkan seragam kandang timnas Indonesia
Baca juga: PSSI: latihan perdana timnas senior dan U-19 dimulai 1 Agustus 2020


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taklukkan Indonesia, pelatih dan pemain Korea puji Abraham Damar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar