Sepak Bola Nasional

PSSI: Shin Tae-yong ingin timnas dua kali "swab test" sebelum latihan

PSSI: Shin Tae-yong ingin timnas dua kali "swab test" sebelum latihan

Foto ilustrasi: Pesepak bola Timnas Indonesia berlatih di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (17/2/2020). Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong memusatkan materi latihan untuk kekuatan fisik para pemain Timnas. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta timnas senior dan U-19 menjalani dua kali tes usap (swab test) sebelum berlatih di lapangan dalam pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya dimulai sejak Kamis (23/7).

“Shin ingin tim melakukan dua kali swab test. Dia baru akan memulai latihan setelah semua hasilnya keluar. Oleh karena itu dia meminta latihan dimulai pada 1 Agustus 2020,” ujar Iriawan di Jakarta, Senin.

Namun, pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut menegaskan bahwa permintaan dari Shin itu tidak berarti ada pemain timnas yang terindikasi tertular COVID-19.

Baca juga: PSSI: latihan perdana timnas senior dan U-19 dimulai 1 Agustus 2020

Shin, dia melanjutkan, hanya mau memastikan kondisi semua pemain sehat sebelum mulai berlatih di lapangan. Adapun timnas senior dan U-19 telah melakoni swab test pertama pada Jumat (24/7).

“Shin Tae-yong sendiri saat ini masih mengisolasi diri di apartemennya,” kata Iriawan.

Baca juga: Shin Tae-yong tiba di Jakarta

Tim nasional dan U-19 Indonesia mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2020 di Jakarta. Semua kegiatan TC diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Baca juga: Shin Tae-yong panggil 29 pemain untuk TC timnas

Bagi timnas Indonesia, TC itu sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Baca juga: Dokter sarankan Shin Tae-yong kurangi intensitas latihan timnas
Baca juga: PSSI: Timnas U-19 TC di Korsel pada Agustus 2020


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taklukkan Indonesia, pelatih dan pemain Korea puji Abraham Damar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar