Dompet Dhuafa-Chevron bangun Pustu Plus di Lombok Utara

Dompet Dhuafa-Chevron bangun Pustu Plus di Lombok Utara

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara, Raden Nurjati (kiri), mengikuti acara serah terima Pustu Plus Medana, yang dibangun oleh Yayasan Dompet Dhuafa, bekerja sama dengan PT Chevron Pacific Indonesia, di Desa Medana, Kabupaten Lombok Utara, Senin (27/7). ANTARA/HO/Dompet Dhuafa

Mataram (ANTARA) - Yayasan Dompet Dhuafa bekerjasama dengan PT Chevron Pacific Indonesia membangun pusat kesehatan masyarakat pembantu (Pustu) Plus di Desa Medana, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada bupati dan PT Chevron yang bergandengan tangan dengan Dompet Dhuafa mengerjakan sesuatu dalam memberikan pelayanan. Kami sangat bersyukur karena amanah tersebut bisa dikerjakan," kata Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Majidi, dalam peresmian secara virtual Pustu Plus Medana, di Desa Medana, Lombok Utara, Senin.

Acara serah terima gedung Pustu Plus Medana secara daring (online) juga disaksikan oleh Sr Vice President Corporate Affairs PT Chevron Wahyu Budiarto, dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Majidi, di Jakarta, kepada Sekretaris Daerah Lombok Utara Raden Nurjati, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, Lalu Bahrudin.

Baca juga: Dompet Dhuafa - Tokopedia gelar covid test mobile di 17 propvinsi

Menurut Nasyith, kesehatan merupakan investasi dalam mendukung seluruh sektor pembangunan agar berjalan dengan baik. Hal tersebut dilakukan dengan upaya membangun kembali Lombok dari bencana gempa bumi yang terjadi pada 2018 lalu.

Keberadaan Pustu Medana, kata dia, disiapkan sebagai fasilitas layanan kesehatan tingkat pratama yang melakukan upaya kesehatan dalam bentuk promotif, preventif dan rehabilitatif yang merupakan pustu pertama di NTB.

Selain itu juga menyediakan layanan dokter, perawat dan bidan di satu lokasi, sehingga memungkinkan pelayanan tersedia 24 jam bila dalam keadaan darurat.

"Bangunan Pustu Medana juga dirancang dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut. Tentunya dengan memerhatikan standar prosedur keselamatan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara, Lalu Bahrudin mengucapkan terima kasih kepada Chevron dan Dompet Dhuafa atas terbangunnya pustu di Lombok Utara pascagempa bumi.

Baca juga: Dompet Dhuafa Sulsel turunkan tim bantu korban di Masamba

"Ini adalah terobosan dan upaya dari pemerintah dan masyarakat luas. Pustu Plus hadir sebagai pelayanan terpadu dari sumber daya kesehatan yang dimiliki. Semoga pustu plus dapat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat," katanya.

Pembangunan Pustu Plus Medana dicanangkan pada akhir September 2019, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar, bersama dengan Sr VP Corporate Affairs PT Chevron, dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa.

SR VP Corporate Affairs PT Chevron Pacific Indonesia, Wahyu Budiarto mengatakan, peralatan medis yang memadai juga dihadirkan untuk mendukung operasional Pustu Plus Medana. Dana pembangunan pustu berasal dari sumbangan para karyawan Chevron yang bekerja di Riau, Kalimantan Timur, dan Jakarta.

"Pustu tersebut bagian dari empati kami pascagempa yang berimbas bagi masyarakat Lombok Utara. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam rekonstruksi pasca bencana dan hari ini Pustu yang kita harap sebagai pendongkrak kegiatan selepas gempa di Lombok Utara, dapat termanfaatkan dengan baik," ucap Wahyu.

Baca juga: Anies: Hal menarik dari Dompet Dhuafa adalah pendekatan gerakannya
Baca juga: Masuki 27 tahun, Dompet Dhuafa bertransformasi ke teknologi digital
Baca juga: Dompet Dhuafa siap salurkan daging kurban selama COVID-19

Pewarta: Awaludin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Lombok Utara terima hibah pariwisata Rp15,32 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar