Harita Nickel salurkan enam unit ventilator bantu tanggulangi COVID-19

Harita Nickel salurkan enam unit ventilator bantu tanggulangi COVID-19

Harita Nickel menyerahkan enam unit ventilator untuk mendukung penanggulangan COVID-19 kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut). (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Harita Nickel kembali memberi dukungan penanggulangan COVID-19 kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) dengan membantu menyerahkan enam unit ventilator atau alat bantuan pernapasan untuk pasien COVID-19.

"Penyerahan ventilator ini merupakan salah satu bentuk komitmen Harita Nickel untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19 di Malut," kata Direktur Utama Trimegah Bangun Persada, Donald Hermanus saat mewakili Harita Nickel menyerahkan bantuannya di Sekretariat Gustu Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, Selasa.

Keenam ventilator tersebut diserahkan oleh Direktur Utama Trimegah Bangun Persada, Donald Hermanus, yang mewakili Harita Nickel. Penyerahan bantuan dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Donald menyatakan, penyerahan enam unit ventilator ini langsung diterima oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Malut Drs. Syamsuddin Abdulkadir di Sekretariat Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, Grand Dafam, Kota Ternate.

Baca juga: Ribuan masker dibagikan Dinkes Halsel-Harita Nickel untuk warga

Baca juga: Ratusan karyawan NHM sembuh dari COVID-19


"Ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kontribusi Harita Nickel dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Malut. Melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Malut, kami menyadari bahwa penanggulangan COVID-19 membutuhkan sinergi semua pihak, bukan hanya pemerintah. Semoga proses penyembuhan pasien COVID-19 semakin optimal dengan penambahan ventilator ini," kata Donald.

Sementara itu, Sekretaris Gustu Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, Syamsuddin Abdulkadir mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Harita Nickel.

Menurutnya, saat ini penting bagi semua pihak untuk bersinergi dalam penanggulangan COVID-19 di Provinsi Malut. Pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan bidang penanganan COVID-19 Malut agar bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan, sebelumnya telah ada bantuan ventilator dari Harita sebanyak lima set di Kabupaten Halsel dan hari ini, diberikan pula (6 set) ke Pemprov Malut," ungkap Syamsuddin.

Enam unit ventilator yang diserahkan Harita Nickel adalah tipe Yuwell YH 725 Bi-level yang mudah dioperasikan dan dipindahkan, pemilihan tipe tersebut bertujuan agar tenaga medis dapat memobilisasi unit ini kapan pun dan di mana pun sesuai kebutuhan.

Harita Nickel secara bertahap telah melakukan berbagai upaya untuk membantu penanggulangan COVID-19, dukungan ini telah diberikan kepada Pemerintah Provinsi Malut, Pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Pemkab Halsel), serta masyarakat Desa Kawasi di Pulau Obi.

Sebelumnya, perusahaan telah mendistribusikan 5 unit ventilator kepada Pemkab Halsel di Labuha, selain itu Harita juga telah memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa kacamata, pakaian Hazmat, dan juga masker.

Bantuan lainnya berupa cairan pembersih tangan, tisu antiseptik, alat pengukur suhu tubuh, dan paket peralatan tes cepat (rapid test kit). Harita juga menyewa sebuah hotel di Labuha sebagai tempat karantina pasien dalam pemantauan dan tim medis.*

Baca juga: Pasien sembuh asal Ternate dan Tidore bertambah

Baca juga: 255 karyawan yang terpapar COVID-19 di Halmahera Utara sudah sembuh

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Restrukturisasi kredit terdampak COVID-19 di Sumbar capai Rp8,4 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar