Staf Khusus Menteri BUMN siap jadi relawan uji klinis vaksin COVID-19

Staf Khusus Menteri BUMN siap jadi relawan uji klinis vaksin COVID-19

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. ANTARA/Zubi Mahrofi/am.

Saya kemarin sudah mengirimkan KTP saya dan dalam waktu dekat saya melakukan pendaftaran
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan segera mendaftarkan dirinya menjadi relawan uji klinis fase III vaksin Sinovac China yang dilakukan oleh Bio Farma.

Arya mengatakan bahwa saat ini Bio Farma sedang mencari relawan dalam uji klinis fase III vaksin COVID-19. Seperti diketahui fase I dan II sudah dilakukan di China dan di sana sudah diuji juga ke manusia.

Uji klinis fase III itu dilakukan Bio Farma bekerjasama dengan Sinovac dari China. Kemudian dilanjutkan dengan penelitian bersama dengan Unpad dan Kementerian Kesehatan.

"Berdasarkan hal ini, saya Arya Sinulingga sudah akan mendaftar sebagai relawan ke Bio Farma. Saya kemarin sudah mengirimkan KTP saya dan dalam waktu dekat saya melakukan pendaftaran, di sana dinyatakan yang bisa ikut adalah orang dewasa sehat, usia 18 - 59 tahun," katanya di Jakarta, Selasa.

Arya juga menyampaikan bahwa dirinya tidak mengikuti uji klinis lainnya, tidak pernah memiliki riwayat terinfeksi corona selama ini baik dari hasil tes cepat maupun tes usap beberapa kali. Kemudian, Arya juga tidak memiliki penyakit lain sehingga dia melihat bahwa ini adalah langkah tepat untuk menjadi relawan.

"Menguji apa yang menjadi produknya Bio Farma yang merupakan BUMN, nanti jika saya melewati proses administrasi dan proses lainnya, tes kesehatan sebagai relawan akan saya mulai lewat beberapa tahapan, di mana tahapan pertama vaksin pertama akan diberikan, kemudian sampel darah saya akan diambil lalu setelah 14 hari kemudian saya akan diberikan vaksin," katanya.

Vaksin COVID-19 dari Sinovac China ini ada 2 dosis yang diberikan kepada relawan untuk setiap kunjungan. Dalam kunjungan kedua nanti setelah 14 hari di mana relawan akan diambil sampel lagi beberapa tahapan.

Dengan demikian terdapat empat kunjungan dalam uji klinis tersebut. Hal ini perlu dilakukan supaya apa yang menjadi sebuah tantangan terkait bagaimana vaksin Sinovac China ini bisa dijadikan vaksin untuk menghadapi pandemi mematikan tersebut.

"Saya juga mengajak masyarakat lainnya untuk bersama-sama menjadi relawan. Supaya kita bisa berguna bagi bangsa dan negara. Mudah-mudahan vaksin ini bisa digunakan untuk bangsa kita dan bangsa lain dan semoga ini sukses," kata Arya Sinulingga.

Baca juga: Komite Etik setujui uji klinis tahap tiga vaksin China
Baca juga: Bio Farma sudah terima vaksin COVID-19 untuk uji klinis
Baca juga: Uji klinis vaksin COVID-19 di Bandung akan dipusatkan di enam tempat

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

1.620 relawan uji klinis vaksin COVID-19 telah disuntik dosis pertama

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar